BeritaKomunitasTips dan Trik

Tips ala Komunitas Sebelum Membeli Jimny Lawas

Jakarta – Pada akhir pekan lalu, para pecinta Suzuki Jimny baru saja mengadakan acara Jimny Days Out. Para pecinta Jimny ini mencoba untuk bertatap muka dengan para penggemar Suzuki Jimny lawas yang ada di sosial media.

Mobil lawas ini sebenarnya masih memiliki fans yang cukup banyak. Bagi Anda yang hendak membeli Suzuki Jimny lawas, ada beberapa tipsnya. Tips berikut ini setidaknya dapat menjadi referensi Anda dalam berburu mobil kotak yang satu ini.

Jimny Days Out Vol3

Tips membeli Suzuki Jimny lawas

Cek Bagian Mesin Suzuki Jimny Lawas

Hendy, sang Ketua Pelaksana Jimny Days Out mengatakan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Salah satu hal utama adalah bagian mesin.

“Bagian mesin kalau bisa tidak ada rembes sama sekali. Kalau banyak rembesnya, nanti bisa turun mesin setengah. Tapi tidak banyak, tidak sampai Rp 10 jutaan lah,” kata Hendy di sela acara kepada Carmudi.

Memeriksa kondisi mesin Suzuki Jimny berusia tua ini sama dengan memeriksa mobil bekas lainnya. Lihat kondisi mesin, jika ditemukan kebocoran sebaiknya ditanyakan kepada pemilik. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba mobil agar mendapatkan bayangan mengenai performa mesinnya.

Jimny Days Out Vol3

Tips membeli Suzuki Jimny lawas

“Bagian lain selain mesin yang diperiksa itu bodi. Bagi pemain baru, usahakan mencari Jimny yang produksi tahun 1997-1998. Pada tahun ini bodinya lebih tebal. Jangan lupa menjadi yang atapnya sudah rata atau trepes. Agar nantinya tidak perlu melakukan modifikasi lagi untuk merubah atapnya. Beberapa tahun belakangan gaya atap trepes ini memang sedang hits, mengarah ke gaya Jimny Jepang,” sambung Hendy.

Untuk kisaran harganya, ia mengatakan jika Suzuki Jimny lawas punya banderol yang cukup terjangkau. Berdasarkan pengalaman dan pantauan Hendy, harga Jimny bekas ada di kisaran Rp 40-50 jutaan. Itupun dengan keadaan yang cukup bagus.

Jimny Days Out Vol3

Tips membeli Suzuki Jimny lawas

“Kisaran Jimny tahun produksi 1994-1999 itu biasanya di angka Rp 40-50 jutaan. Lain lagi dengan produksi tahun 2000-2002 yang harganya ada di kisaran Rp 50-60 jutaan. Harganya memang lebih mahal, karena lebih muda juga umurnya. Bagi yang ingin dengan umur yang lebih tua, ada di harga kisaran Rp 20-40 jutaan untuk tahun produksi 1986-1987,” sambung Hendy.

Alasan Mencari Suzuki Jimny Lawas

Berdasarkan pantauan pada saat di acara Jimny Days Out, beberapa orang memiliki alasan tersendiri. Salah satu alasannya adalah demi memuaskan hobi memelihara jip lawas.

“Awalnya kepingin membeli jip lawas yang lain, tapi lihat Jimny kok harganya murah dan bbmnya juga irit setelah dipakai,” kata Ari, pengguna Jimny lansiran 1984 yang dibelinya dengan harga Rp 45 juta di lokasi acara.

Jimny Days Out Vol3

Tips membeli Suzuki Jimny lawas

Selain harga yang terjangkau, ia mengatakan kalau nostalgia juga menjadi alasan. Mobil yang berusia sudah lebih dari 10 tahun ini menjadi mobil nostalgia yang kerap dilihat atau pernah dimiliki oleh para pemilik Suzuki Jimny lawas. Bagaimana, tertarik memiliki Suzuki Jimny tua ini?(dol)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts