Tips dan Trik

Tips Ampuh Bikin Performa Mobil Daihatsu Selalu Prima

Performa mobil yang mumpuni dan selalu dalam kondisi prima pada saat digunakan, merupakan dambaan bagi banyak pemilik kendaraan.

Ada banyak faktor yang bisa membuat performa mobil tetap optimal. Di antaranya rutin melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, hingga menggunakan bahan bakar minyak yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Performa Daihatsu

Performa mobil yang prima menjadi dambaan banyak pemilik kendaraan (Foto: Carmudi)

Untuk lebih jelasnya, Daihatsu memberikan beberapa tips ampuh membuat performa mobil selalu prima, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Bahan Bakar Berkualitas

Para pemilik kendaraan, khususnya mobil Daihatsu sangat disarankan supaya menggunakan bahan bakar minyak berkualitas. Seperti bahan bakar tanpa timbal dan sesuai dengan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) yang disarankan.

Biasanya rekomendasi jenis bahan bakar dan nilai oktan sudah tertulis di buku manual.

Semua mobil Daihatsu yang dijual di Indonesia sudah memenuhi standar emisi Euro4. Sehingga pelanggan dituntut untuk selalu menggunakan bahan bakar yang juga sesuai dengan spesifikasi mesin Euro4.

Tujuannya untuk mencegah performa mobil menurun. Selain itu, penggunaan bahan bakar yang tepat dapat menjaga kebersihan ruang bakar mesin dan turut menjaga kebersihan lingkungan.

Performa Mobil

Gunakan teknik mengemudi eco driving agar performa mobil tetap prima (Foto: ADM)

Teknik Mengemudi Eco driving

Gaya mengemudi yang ugal-ugalan bisa memengaruhi performa mobil menjadi cepat menurun. Oleh karena itu, pemilik mobil Daihatsu diharapkan untuk selalu mengemudikan mobil yang baik dan benar, bahkan bila perlu menggunakan metode eco driving.

Mengemudi dengan teknik ini bisa menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi.

Berikut teknik berkendara eco driving:

  • Hindari akselerasi dan pengereman mendadak
  • Berkendara sehalus mungkin
  • Jaga perpindahan gigi sesuai dengan torsi diperlukan
  • Jaga jarak dengan kendaraan lain
  • Gunakan engine brake untuk deselerasi dijalan menurun atau sebelum tikungan
  • Gunakan momentum akselerasi saat di di jalan menanjak
  • Matikan mesin dan buka jendela secukupnya supaya sirkulasi udara berputar ketika sedang menunggu di dalam mobil.

Hindari Penggunaan Zat Aditif

Hindari penggunaan zat aditif untuk bahan bakar yang sekarang ini banyak ditemukan di pasaran.

Umunya zat aditif menawarkan berbagai keunggulan seperti meningkatkan nilai oktan dan mengurangi knocking. Tetapi, perlu Anda ketahui zat aditif mengandung zat kimia yang tidak sesuai dengan kondisi mobil.

Peserta DSSC yang sedang Berkompetisi (Foto: Daihatsu)

Jika zat tersebut digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu lama, maka bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan pada bagian tangki bensin, fuel pump, dan mesin. Di samping itu dapat pula merusak sistem kontrol emisi, sehingga emisi gas buang yang dikeluarkan mobil tidak memenuhi standar.

“Kami berharap, mobil Sahabat dapat terus dalam kondisi yang optimal. Sehingga dapat tetap beraktivitas dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. Untuk memastikan kendaraannya selalu prima, lakukan servis rutin di bengkel resmi,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *