Tips dan Trik

Tips Beli Mobil Baru di Awal Tahun, Kenapa Tidak?

Beli Mobil Baru

Banyak promo awal tahun, waktu yang tepat beli mobil baru (Foto: Auto2000)

Jakarta – Awal tahun merupakan salah satu waktu yang tepat untuk beli mobil baru. Pasalnya, tidak sedikit pabrikan menggelar program penjualan menarik dengan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh konsumen.

Di samping itu juga, banyak diler yang ingin menghabiskan stok mobil lama yang belum terjual tahun lalu.

Apabila Anda tertarik memanfaatkan program penjualan awal tahun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk beli mobil baru.

Berikut langkah yang harus diperhatikan:

Baca Juga:

Perhitungkan Bujet

Perhitungan bujet merupakan langkah paling penting yang akan menentukan arah kebijakan keuangan keluarga ke depan.

Khususnya ketika memutuskan untuk beli mobil baru secara kredit, di mana konsumen harus rutin membayar cicilan mobil setiap bulannya sepanjang tenor kredit.

Perlu diperhatikan, cicilan perbulan tidak boleh lebih dari 30% pendapatan bulanan. Itu pun sudah termasuk pembayaran lain seperti cicilan rumah atau kartu kredit.

Pertimbangkan down payment (DP) karena semakin besar DP akan meringankan beban pengeluaran bulanan.

Perhitungkan pula tenor, karena akan berpengaruh ke besar cicilan perbulan dan jangan lupa untuk mempelajari metode pembayaran yang tersedia.

Beli mobil baru

Ilustrasi konsumen membeli mobil Toyota (Foto: Auto2000)

Pilih Mobil

Pilihlah mobil sesuai kebutuhan, jika hanya membutuhkan mobil untuk sekadar perjalanan dalam kota saja, bisa pilih mobil dengan ukuran dan kapasitas mesin kecil.

Sebaliknya, apabila membutuhkan ruang kabin yang lega untuk menampung banyak penumpang dan barang bawaan, bisa memilih mobil MPV atau SUV 7-seater.

Bicara soal kapasitas mesin, kembali lagi ke kebutuhan masing-masing konsumen.

Minta Penawaran

Setelah menghitung biaya dan mendapatkan model yang sesuai kebutuhan, Anda bisa meminta penawaran lewat tenaga penjual yang bisa dihubungi secara online maupun offline.

Konsumen juga bisa meminta perhitungan lebih lengkap jika ingin membeli secara kredit atau trade-in. Sehingga bisa mendapatkan skema pembelian yang paling pas.

Test Drive

Sebelum memutuskan untuk beli mobil baru, tidak ada salahnya melakukan test drive terlebih dahulu.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini, konsumen bisa memanfaatkan layanan home test drive. Diler akan mengirim mobil ke rumah untuk dites oleh konsumen.

Toyota Yaris

Toyota Yaris (Foto: TAM)

Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

Ada banyak program penjualan yang bisa dimanfaatkan. Pilihlah program yang menurut Anda paling menguntungkan dan sesuai dengan bujet.

“Awal tahun merupakan saat yang tepat untuk membeli mobil baru. Tapi sebelum itu, perhatikan beberapa hal supaya AutoFamily bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan anggaran keuangan keluarga,” ungkap Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, dalam keterangan resminya, Senin (11/1/2021).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts