Home » Berita » TIPS: Isi Libur Akhir Pekan untuk “Manjakan” Mobil Anda

TIPS: Isi Libur Akhir Pekan untuk “Manjakan” Mobil Anda

Penulis: Endara Darata

Tips – Sebagian besar dari mereka yang sehari-harinya melakukan aktifitas dikantor, terkadang tidak sempat mengecek kondisi kendaraan. Disaat tibanya waktu libur seperti ini, mereka lebih baik menggunakan waktu untuk istirahat ataupun berkumpul bersama keluarga.

Akan sangat disayangkan jika pengecekan jarang dilakukan, bisa saja sewaktu-waktu kejadian yang tidak diinginkan, menimpa pada kendaraan anda. Sebaiknya lakukan lakukan pengecekan terhadap kendaraan yang ditunggangi diwaktu libur seperti ini.

Tidak butuh lama untuk mengecek bagian-bagian terpenting pada mobil. Hanya 30 menit, waktu yang sangat cukup untuk melakukan pengecekan. Pengecekan dan pemeliharan ini tidak harus ke bengkel, Anda bisa melakukanya dirumah sendiri.

Sebelum melakukan pengecekan, pastikan Anda telah melengkapi bahan maupun alat yang dibutuhkan. Untuk alat umumnya yang harus tersedia di mobil obeng, kunci pas ring ukuran 10 sampai dengan 17, dan tang.

Untuk bahan yang harus sedia yakni air, oli, lap kain, kanebo, Spoons, oli Power Steering, minyak rem, dan sikring. Setelah alat-alat dirasa cukup, persiapkan diri untuk mulai melakukan pengecekan.

Pengcekan Bagian Kendaraan

Pertama-tama pengecekan dilakukan dengan cara membuka kap mesin mobil untuk mendapati kondisi fisik mesin. Setelah itu cabut tuas pengecekan oli, untuk melihat ketersediaan oli yang ada pada mesin. Penambahan oli mesin sangat dianjurkan, jika jumlah volume oli berkurang.

Langkah selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan ketersediaan air penampungan radiator, maupun penampungan air pembersih kaca. Dalam menambahkan air radiator, lebih baik menggunakan air bekas AC. Karena air sumur mengandung zat dalam tanah, sehingga dapat menimbulkan lumut.

Lumut yang menempel dan masuk kedalam radiator, bisa menyumbat sirkulasi putaran air pada mesin. Tambahkan air pembersih kaca, jika volume air pada penampungan dibawah garis yang dianjurkan.

Jangan lupa ketersediaan minyak rem dan kopling harus diperhatikan. Jika minyak pada wadah tampungan berkurang, tambahkan minyak sebatas garis yang telah dianjurkan.

Pengecekan selanjutnya bagian pada power steering, lakukan penambahan oli Power Steering jika oli berkurang. Penambahan oli dilakukan sesuai dengan perintah yang ada pada wadah penampungan oli.

Pengecekan Roda dan Kelistrikan

Lalu tekanan angin ban harus sering dikontrol. Jika tekanan angin berkurang, segera lakukan penambahan angin. Untuk mengetahui ukuran tekanan angin, dibagian sisi pintu pengemudi terdapat ukuran tekanan angin yang harus digunakan.

Setelah itu kencangkan baut roda, dengan cara ini anda bisa menghindarkan diri dari kejadian yang tidak diinginkan.

Jika bagian tersebut dirasa cukup, selanjutnya lakukan pengecekan kelistrikan baik lampu utama, lampu stop, lampu mundur, dan lampu sein. Biasanya kalau terjadi kerusakan pada bagian ini, ada 3 kemungkinan penyebabnya. Pertama lampu yang putus, kedua sikring yang putus, ketiga kabel yang terputus.

Mendapati sikring yang terputus, Anda bisa menggantinya dengan membuka kotak sikring. Kotak sikring umumnya terdapat diatas mesin mobil. Anda bisa mengeceknya satu-satu, jika ada yang terputus, lakukan penggantian sesuai dengan jumlah ampere pada sikring yang sama.

Khusus kelistrikan dan lampu, jika anda ragu memperbaiknya, lebih baik segera mengunjungi bengkel terdekat.

Terakhir cuci mobil Anda, agar selalu bersih, untuk menghindari karat yang seakan-akan bisa timbul pada bodi, sasis, dan bagian mobil lainnya.

Xenia
Previous post
Great New Daihatsu Xenia Custom Beda dengan yang Biasa
Model SUV
Next post
Suzuki : Peluang Model SUV di Indonesia Masih Menjanjikan