Tips dan Trik

Tips Jitu Membeli Sepeda Motor Secara Online

Memiliki sebuah kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, menjadi impian bagi sebagian besar orang. Kendaraan kini sudah menjadi semacam kebutuhan bagi banyak orang. Tak hanya sekedar sebagai alat transportasi harian, kendaraan juga menjadi salah satu sarana penunjang gaya hidup seseorang. Hal inilah yang membuat penjualan kendaraan semakin marak akhir-akhir ini. Berikut ini ada beberapa tips jitu membeli sepeda motor secara online.

Alat Transportasi Harian yang Fleksibel

Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, kemacetan dan kepadatan kendaraan sudah seperti makanan sehari-hari. Tingkat mobilitas yang tinggi, akhirnya membuat mereka mencari moda transportasi yang murah dan fleksibel. Tak hanya itu saja, karena konsumsi bahan bakar juga menjadi pertimbangan utama.

(model sepeda motor)

(model sepeda motor)

Alasan semacam itulah yang membuat banyak orang kini mulai melirik sepeda motor. Alat transportasi harian yang gampang dipergunakan, cukup irit dalam konsumsi bahan bakar, dan sangat fleksibel ketika mengatasi kemacetan. Dibandingkan dengan mobil, kini banyak orang yang sudah mulai memertimbangkan untuk membeli sepeda motor sebagai alat transportasi alternatif mereka.

Meningkatnya permintaan sepeda motor, membuat para penjual berusaha menjaring pembeli sebanyak-banyaknya. Bermacam cara dilakukan, mulai dari pemberian bonus hingga kemudahan pembelian. Oleh karena itu, para konsumen diharapkan bisa jeli sebelum melakukan transaksi pembelian.

Pembelian Secara Online

Internet kini juga sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Internet pun kini tak hanya digunakan sebagai alat untuk memermudah pekerjaan, tapi kini sudah marak digunakan banyak orang sebagai alat transaksi jual beli. Tak hanya sekedar alat jual beli kebutuhan sehari-hari, tapi juga saat mencari kendaraan bermotor.

(Carmudi Indonesia)

(Carmudi Indonesia)

Banyak orang yang kini sudah mulai melirik transaksi secara online melalui internet. Selain mudah dan fleksibel, transaksi secara online pun dikatakan sangat praktis dibandingkan dengan metode konvensional. Dalam melakukan pembelian secara online, banyak kemudahan yang didapatkan. Namun, faktor keamanan tetap harus menjadi perhatian utama. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum melakukan transaksi pembelian sepeda motor secara online.

Cari Informasi Mengenai Penjual

Ketika hendak melakukan transaksi pembelian secara online, hal pertama yang patut diperhatikan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penjual. Informasi yang didapatkan mengenai penjual, mulai dari nama pemilik, nama diler, hingga jenis dan jumlah barang yang diperdagangkan patut untuk diketahui oleh calon pembeli.

Cari Informasi Mengenai Sepeda Motor yang Diinginkan

Setelah mengetahui seluk-beluk mengenai calon penjual, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari tahu mengenai sepeda motor yang diinginkan. Informasi mengenai sepeda motor yang diinginkan, baik motor baru atau bekas, kini bisa didapatkan secara mudah. Biasanya, calon penjual sudah memasukkan data-data mengenai sepeda motor yang akan dijual seperti jenis, tahun pembuatan, fitur-fitur yang ada, hingga spesifikasinya.

Cari Informasi Mengenai Metode Pembayaran

Setelah mendapatkan semua informasi mengenai calon penjual dan sepeda motor yang diinginkan, informasi selanjutnya yang harus didapatkan adalah mengenai metode pembayaran jika terjadi transaksi jual beli. Metode pembayaran bisa berupa tunai atau kredit. Jika mengajukan pembayaran secara kredit, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, seperti besarnya uang muka, jangka waktu pembayaran, suku bunga kredit, hingga klaim asuransi.

Melakukan transaksi pembelian secara online memang memermudah calon pembeli untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan. Meskipun begitu, metode konvensional ketika hendak membeli sepeda motor, di mana calon penjual dan pembeli saling bertemu, tetap harus dilakukan. Hal ini untuk menjamin sepeda motor yang diidamkan memang sesuai dengan informasi yang didapatkan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan usai mendapatkan informasi mengenai sepeda motor yang diinginkan.

(diler sepeda motor)

(diler sepeda motor)

Datangi Lokasi Diler Penjualan Sepeda Motor

Apabila semua informasi terkait dengan jual beli sepeda motor secara online sudah didapatkan, maka hal selanjutnya adalah mendatangi diler yang bersangkutan. Meskipun informasi yang didapatkan dari internet sudah valid, tapi tetap saja harus mendatangi diler yang menjual sepeda motor yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kalau calon penjual memang benar ada dan tak fiktif. Selain itu juga untuk memastikan kalau sepeda motor yang akan dijual memang tersedia.

Ajak Rekan yang Mengerti Mengenai Sepeda Motor

Mengajak rekan yang lebih mengenal mengenai sepeda motor tak ada salahnya, karena sudut pandang orang kedua memang dibutuhkan. Apabila calon pembeli memang tak mengerti sama sekali mengenai sepeda motor, pendapat dari rekan yang lebih memahami mengenai sepeda motor sangat penting. Dari situ, calon pembeli bisa mendapatkan informasi secara mendetil lagi dan melihat kondisi fisik dari sepeda motor yang diidamkan.

Jika calon pembeli sudah puas dengan informasi yang didapatkan, baik melalui internet atau pun melalui penjual secara langsung, maka transaksi jual beli bisa langsung dilakukan. Jika penjualan dilakukan secara tunai, maka yang patut diperhatikan hanyalah masalah kelengkapan berkas. Namun, jika calon pembeli ingin melakukan transaksi pembelian secara kredit, maka ada beberapa hal yang patut dilakukan sebelum terjadinya transaksi jual beli.

Menentukan Lembaga Penyalur Kredit

Ketika sudah terjadi kesepakatan untuk melakukan pembelian sepeda motor secara kredit, maka yang patut menjadi perhatian utamanya adalah menentukan lembaga penyalur kredit. Dari sini, bisa diketahui besarnya uang muka yang harus dibayarkan, besaran bunga, dan juga jangka waktu kredit yang dibutuhkan. Namun, calon pembeli juga harus jeli menentukan lembaga kredit yang kredibel dan terpercaya.

Lengkapi Persyaratan Pengajuan Kredit

Apabila sudah menentukan lembaga penyalur kredit, hal berikutnya adalah melengkapi persyaratan untuk pengajuan kredit pembelian sepeda motor. Kelengkapan persyaratan dibutuhkan untuk menentukan seberapa cepat respon lembaga pembiayaan untuk kredit sepeda motor yang diajukan. Jika semua hal tersebut sudah dilakukan, maka calon pembeli tinggal menunggu kedatangan sepeda motor yang diidamkan.

Teknologi internet tak bisa dipungkiri memang memermudah mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Segala macam informasi bisa didapatkan oleh calon pembeli sebelum melakukan transaksi. Meski begitu, segi keamanan ketika melakukan transaksi secara online, mutlak dilakukan. Kehati-hatian tetap harus dilakukan, sebab kerugian bisa menimpa dari salah satu atau pun kedua belah pihak.

Di laman Carmudi Indonesia, transaksi jual beli kendaraan bisa dilakukan secara mudah, cepat, dan terpercaya. Baik penjual dan pembeli akan sama-sama saling diuntungkan. Selain itu, kerahasiaan di antara kedua belah pihak akan tetap terjaga. Untuk itu, jangan ragu lagi menggunakan Carmudi Indonesia sebagai media penghubung untuk melakukan transaksi secara online.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts