Berita Sepeda motor Sumber informasi Tips dan Trik

Tepat Memilih Jas Hujan

Jakarta – Hujan terus mengguyur ibukota Jakarta selama beberapa hari belakangan ini. Berkah bagi bumi tetapi buat pemotor ini menjadi sebuah penghalang dalam beraktifitas. Berangkat kerja diguyur hujan memaksa kita harus berteduh, atau lanjut ke kantor pakai jas hujan.

Tapi tidak semua jas hujan juga mampu melindungi kita dari resiko basah ketika menerabas hujan. Bahkan beberapa jenis jas hujan malah mengancam keselamatan kita saat berkendara. Gak percaya? Sering dengar kan, kecelakaan gara-gara pakai jas hujanponco, atau biasa disebut jas hujan Batman, yang bahannya nyangkut di gear motor.

 

Jas hujan ponco cukup berbahaya dan berkibat fatal.Foto/Carmudi indonesia/Ben

Memilih jas hujan harus menjadi perhatian pemotor, salah salah bisa bikin celaka.Foto/Carmudi indonesia/Ben

 

Tips Memilih Jas Hujan

1. Pilihlah jas hujan yang berbentuk baju, bukan ponco
Memilih jas hujan ini lebih aman saat digunakan. Tidak menggangu kenyamanan saat berkendara atau tidak beresiko nyangkut di gear motor.

2. Pakai jas hujan berukuran besar.
Menggunakan jas hujan dengan ukuran yang lebih besar tidak ada ruginya. Selain tidak bikin ribet, ukuran besar juga bisa untuk melindungi tidak hanya badan kalian, tetapi juga sekaligus barang bawaan misalnya tas. Tidak khawatir lagi sama barang bawaan atau tas akan basah karena kehujanan. Jadi memilih jas hujan ukuran lebih besar akan lebih baik.

3. Jas hujan yang baik berbahan dasar karet, bukan plastik
Sering saat hujan datang tiba-tiba, kita tidak punya persiapan karena lupa bawa. Biasanya di pinggir jalan ada yang jualan jas hujan berbahan plastik yang dijual seharga Rp 15.000. Untuk darurat ini memang sangat membantu. Tapi sebaiknya sedia jas hujan sebelum hujan.

Bila kalian harus beli, sebaiknya pilih jas hujan berbahan karet. Pertama karena awet (tidak mudah sobek) dan kedua karena bisa dipakai berkali-kali. Memang harganya jauh lebih mahal, tetapi worth it daripada setiap kali hujan, setiap kali harus beli yang murah, ujung ujungnya dompet bisa jebol juga. Bener gak?

Akibat dari tersangkutnya jas hujan ponco.Foto/NTMC

Memilih jas hujan jangan yang jenis ponco, karena beresiko tersangkutnya di gear motor.Foto/NTMC

Beberapa merek jas hujan rekomendasi buat kalian, GIVI, KYT, Alpine, Eiger, Axio dan beberapa merek jas hujan apparel OEM seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. (Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/