Tips dan Trik

Tips Memilih Warna Cat Velg Motor yang Bagus, Gampang!

Memilih warna cat velg motor yang bagus tak sulit untuk dilakukan. Salah satu kuncinya ialah menyesuaikan dengan warna bodi motor itu sendiri.

Tips Memilih Warna Cat Velg Motor yang Bagus

(Foto: Reddit)

Beruntung bagi mereka yang memiliki sepeda motor dengan warna-warna netral, seperti halnya hitam atau putih. Warna-warna semacam ini cenderung lebih mudah dipasangkan dengan macam-macam warna pelek.

Melakukan pengecatan ulang pelek itu sendiri sekarang adalah kegiatan yang lumrah. Umumnya dilakukan oleh pemilik motor yang bosan dengan warna standar bawaan pabrik.

Hal ini ditunjang makin banyaknya bengkel cat yang bisa melayani proses tersebut. Berdasarkan penelusuran, proses cat ulang pelek itu sendiri membutuhkan waktu yang tergolong singkat dan biaya masih ramah di kantong.

Dengan begitu wajar jika banyak orang yang tertarik untuk melakukannya.

Cat Ulang Velg Motor Bekas

Nah, melakukan cat ulang motor juga bisa dilakukan oleh mereka yang baru membeli motor bekas. Terlebih lagi jika kondisi pelek yang lama sudah jauh menurun dari segi penampilan.

Melakukan cat ulang dijamin akan “menyulap” penampilannya seperti baru lagi. Dengan catatan prosesnya dilakukan secara benar.

Jenis Velg Motor yang Bisa Dicat Ulang

Apakah semua jenis pelek bisa dicat ulang? Ya, pada prinsipnya memang demikian. Baik pelek cast wheel (pelek racing) atau spoke wheel (pelek jari-jari) bisa dicat ulang dengan warna-warna yang disuka.

Namun, jika diperhatikan proses repaint pelek ini lebih banyak dilakoni oleh pemilik pelek cast wheel. Pelek semacam ini punya tampilan yang lebih sporty. Jadi memang lebih cocok diutak-atik warnanya.

Beda hal dengan spoke wheel yang lebih terkesan klasik dan elegan. Penggunaan warna krom yang umum ditemui terasa lebih pas dibandingkan warna-warna lainnya.

Lantas, warna apa yang bagus untuk pelek motor? Tidak ada aturan baku untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun, ada beberapa panduan yang bisa dipegang agar tampilan akhir motor bisa terlihat manis.

Tips Memilih Warna Cat Velg Motor yang Bagus

Warna Cat Velg Motor yang Bagus

(Foto: Honest Bikerz)

Ulasan lebih lengkap tentang tips memilih warna cat velg motor yang bagus bisa Carmudi simak di bawah ini. Lengkap dengan contoh-contoh penerapannya yang dilakukan oleh para pabrikan lewat produk-produk motor baru mereka.

  • Main Aman dengan Warna Gelap

Dalam dunia otomotif seperti ada peraturan tak tulis bahwa warna yang umum digunakan untuk pelek kendaraan, baik motor atau mobil adalah warna-warna gelap. Penggunaan warna semacam ini sangat aman untuk dipasangkan dengan warna bodi motor apapun.

Mulai dari Honda, Yamaha, dan Suzuki pasti menggunakan warna hitam untuk pelek mayoritas produknya. Para pemilik kendaraan pun tak perlu khawatir jika memilih warna semacam ini ketika akan melakukan cat ulang pelek karena hasilnya kemungkinan besar akan aman-aman saja.

Namun, bagi sebagian orang warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu tua mungkin saja membosankan dan ingin bereksperimen dengan warna-warna yang lebih terang.

  • Warna Terang Harus Ada Pasangannya di Bodi

(Foto: Yamaha)

Tak ada larangan menggunakan warna-warna terang untuk pelek motor, misalnya merah, kuning, bahkan hijau yang menyala. Beberapa pabrikan cukup berani menghadirkan warna demikian pada produknya, contoh Yamaha pada R15, MT15, dan MT25.

Namun, penggunaan warna-warna terang itu tidak dilakukan secara asal-asal, tapi ada semacam rumusnya. Yaitu dengan menggunakan warna yang sama pada bodi motor. Tidak harus dalam porsi besar, tapi bisa saja sebagai aksen semata.

Contohnya pada tampilan MT25 di atas. Penggunaan warna hijau tosca untuk pelek juga dibarengi dengan aksen warna yang sama di bagian shroud-nya.

Konsumen bisa menerapkan rumus yang sama untuk mendapatkan hasil akhir yang ciamik. Bukan hanya lewat decal, tapi juga bisa bermain dengan pernak-pernik bodi untuk menghasilkan keseragaman warna tersebut.

Pilihan Warna Cat Velg Motor yang Bagus dan Ngetren

Dari sekian banyak jenis warna yang ada, tentu ada beberapa di antaranya yang bisa dibilang sedang naik daun di kalangan penggemar kendaraan roda dua. Menurut sejumlah sumber, warna-warna tersebut antara lain:

  • Red Candy
  • Blue Candy
  • Gold Marchesini
  • Techno Gold OZ
  • Gold Anodize OZ
  • Silver

Carmudian bisa memilih salah satu warna tersebut untuk mempercantik penampilan sepeda motor yang dimiliki. Hal yang tak kalah penting ialah memilih bengkel cat yang dapat dipercaya untuk mendapatkan hasil akhirnya memuaskan.

Biaya Cat Pelek Motor

Setelah berhasil memilih warna cat velg motor yang bagus maka sekarang tinggal mengeksekusinya. Dalam hal ini pemilik motor memiliki beberapa pilihan. Pilihan pertama ialah melakukan pengecatan sendiri.

Langkah tersebut merupakan hal yang mungkin saja dilakukan sendiri. Namun, tentunya harus ditunjang kemampuan dan sejumlah peralatan. Tantangan dalam melakukan pengecatan sendiri ialah waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya.

Masalahnya, pengecatan tidak bisa dilakukan secara buru-buru. Harus sabar jika hasilnya ingin maksimal. Bagi mereka yang tak memiliki banyak waktu maka bisa memanfaatkan jasa pengecatan yang ditawarkan oleh bengkel-bengkel.

warna cat velg motor yang bagus

(Foto: RCHIIPS)

Menariknya, sekarang sudah banyak bengkel yang menawarkan hal jasa cat pelek. Mulai dari bengkel umum, bengkel spesialis, bahkan bengkel resmi.

Beberapa bengkel bahkan mematok tarif yang relatif terjangkau untuk pengecatan pelek motor.

Dalam suatu pemberitaan, bengkel cat Progress Paintshop yang berada di daerah Cibinong, Bogor mematok tarif Rp300 ribu untuk pengecatan pelek motor dengan warna hitam.

Harga tersebut berlaku untuk sepasang pelek motor-motor sekelas Honda Beat, Yamaha Mio, atau Honda Vario. Kemudian untuk warna abu-abu atau silver biayanya sekitar Rp350.

Sementara itu untuk pengecatan jenis warna yang lagi ngetren, misalnya warna candy dan stabilo dipatok tarif Rp500 ribu.

Bagaimana jika motornya lebih besar? Contohnya Yamaha NMax atau Honda PCX. Bengkel ini memasang tarif lebih mahal sekitar Rp50 ribuan untuk masing-masing jenis warna yang disebutkan di atas.

Nah, perlu diingat bahwa tiap bengkel mungkin saja menawarkan tarif yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini mungkin saja menyangkut jenis peralatan yang digunakan, jenis catnya, dan jenis motor itu sendiri.

Lama Pengecatan Velg Motor

Untuk hasil maksimal, pelek motor sebaiknya dilepas agar pengecatan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini mungkin saja menjadi masalah bagi mereka yang mengandalkan motornya untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, tenang saja karena proses pengecatan tidak berlangsung lama. Dalam pemberitaan lain, Ronita Digital Printing sebagai workshop decal dan cat pelek menjanjikan pengerjaan satu hari selesai. Utamanya untuk pelek yang dicat hanya dengan satu warna polos.

Hanya saja untuk pelek yang dicat dengan beberapa warna atau bahkan mendapat tambahan decal akan makan waktu lebih lama lagi, yaitu mencapai 3 sampai 4 hari.

Carmudian tertarik untuk mencobanya? Melakukan cat ulang pelek motor memang cukup direkomendasikan untuk menghasilkan tampilan motor yang berbeda.

Di antara jenis modifikasi lain, melakukan cat ulang pelek memberi dampak perubahan yang sangat signifikan. Terlebih lagi Carmudian berhasil memilih warna cat velg motor yang bagus dan unik.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *