Berita Mobil Sumber informasi Tips dan Trik

TIPS: Mengatasi Suara Bising Gardan Toyota Kijang Lawas

Penulis: Endara Darata

Jakarta – Pengguna sekaligus pemilik Toyota Kijang generasi 1-4 (Kijang Buaya, kijang Doyok, Kijang Super, dan Kijang Kapsul) sering kali mengeluhkan suara dengung saat mobil melaju diatas 80Km/h. Suara itu dapat terdengar jelas dibagian belakang mobil.

Sebenarnya kejadian itu tidak mempengaruhi laju mobil. Hanya saja suara yang ditimbulkan membuat kita didalamnya merasa terganggu.

Untuk mengetahui timbulnya suara dengung tersebut, bawa Toyota Kijang kesayangan Anda ke bengkel kepercayaan. Lakukan pengecekan pada bagian sistem penggerak mobil (gardan dan kopel).

Faktor utama sering timbulnya suara dengung, yaitu gear didalam gardan terkikis akibat jarak tempuh kendaraan yang sangat jauh. Selain itu keterlambatan mengganti oli pelumas pada gardan, menyebabkan gaya gesek gear menjadi lebih besar.

“Didalam gardan terdapat komponen yang dapat menyebabkan suara dengung timbul. Gigi nanas, dan laker gardan yang sudah tidak baik dapat menimbulkan suara ini,” ujar Uda Faisal, Pemilik Toko Spare Parts copotan kendaraan Ex Singapore, di wilayah Kramat Jati, Jakarta Timur.

Terdapat 4 buah laker gardan pada mobil Kijang. Laker tersebut berfungsi sebagai tumpuan sekaligus penghubung antara As roda dengan gardan.

“Sebenarnya melakukan penggantian pada gigi nanas dapat menghilangkan suara dengung. Jika suara dengung masih dapat kita dengar, dipastikan suara itu timbul dari laker yang ada didalam gardan. Penggantian Laker gardan agak sedikit susah, dan untuk mendapatinya jarang ada toko yang menjualnnya,” ungkapnya.

Solusi Menghilangkan Suara pada Gardan

Banyak toko mobil copotan Ex Singapore menjual berbagai macam kebutuhan suku cadang kendaraan. Keberadaanya sangat dicari oleh pemilik kendaraan lama.

Mereka dengan sangat mudah mencari suku cadang yang diperlukan. Salah satunya mengganti gardan lama dengan gardan copotan Ex Singapore, dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

Untuk gardan mobil Kijang ditokonya, Faisal menawarkan harga Rp. 1.300.000. Pembeli bisa mencobanya terlebih dahulu dimobil kesayangan. Jika dirasa kurang baik, pembeli dipersilahkan untuk menukar kembali dengan gardan lainnya.

Selain itu pembeli bisa melakukan tukar tambah gardan lama dengan gardan yang baru, untuk menghemat biaya pengeluaran. Cukup membantu bukan? Tidak ada salahnya, membeli suku cadang copotan Ex Singapore menjadi solusi terbaik bagi pemilik kendaraan.

Jika suara bising sudah hilang, jangan lupa untuk rajin mengganti oli pelumas gardan setiap 30.000 – 40.000 Km. Penggantian pelumas tersebut dapat menjaga keawetan pada gardan mobil.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/