Home » Tips dan Trik » Tips Merawat Mesin Mobil Agar Tak Rewel

Tips Merawat Mesin Mobil Agar Tak Rewel

Mesin merupakan sumber tenaga utama pada mobil, sehingga diperlukan perhatian khusus dalam hal perawatannya. Sebagai pengguna mobil, ada baiknya untuk memberi perhatian yang lebih pada sektor dapur pacu. Hal ini dilakukan agar di kemudian hari mesin mobil tak rewel, sehingga mesin menjadi lebih awet dan dapat mengurangi masalah pada mesin itu sendiri.

Merawat mesin mobil memang tak selalu dilakukan setiap saat, karena rata-rata mobil yang ada saat ini sudah minim perawatan. Meski begitu, bukan berarti tak ada perhatian sama sekali, terlebih untuk perawatan yang sifatnya sederhana. Selain membuat mesin mobil menjadi awet, perawatan yang dilakukan juga bisa menunjang peforma dan kinerja mesin. Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk melakukan perawatan pada mesin mobil:

  • Menghidupkan dan mematikan mesin mobil dengan benar

mesin mobil
cara menyalakan dan mematikan mesin mobil

Saat menghidupkan mesin, jangan langsung menjalankan mobil. Diperlukan waktu sekitar 2-3 menit untuk memanaskan, terutama saat mesin dalam kondisi dingin. Begitu juga saat mematikan mesin setelah digunakan. Ada baiknya mematikan AC dan perlengkapan elektrik lainnya, seperti radio/tape/cd/mp3 terlebih dulu dan tunggu beberapa saat, setelah itu baru mesin dimatikan.

  • Mengganti oli secara rutin

ganti oli mesin mobil
mengganti oli mesin mobil

Perhatikan penggantian oli berdasarkan dari jarak tempuh kendaraan atau rentang waktu dari kali terakhirnya mengganti oli kendaraan. Sesuaikan mana yang tercapai lebih dulu. Penggantian oli biasanya dilakukan bersamaan dengan servis berkala secara rutin. Namun jika mobil sering melalui medan berat, jalur macet dan beban berat, penggantian oli ini di sarankan lebih cepat dari servis berkala. Selain itu, pergunakan viskositas oli sesuai dengan anjuran pabrik.

  • Pergunakan bahan bakar sesuai dengan oktan 

mesin mobil
Mengisi bbm sesuai oktan agar mesin mobil awet

Penggunaan bahan bakar pada setiap mobil sudah dicantumkan di buku servis. Bahan bakar yang tak sesuai oktan, bisa menyebabkan masalah pada mesin mobil. Beberapa masalah yang kerap ditemui antara lain suara mesin yang mengelitik, menimbulkan kerak di ruang bakar, dan penggunaan dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan performa mesin menurun. Untuk itu, lebih baik gunakan bahan bakar dengan oktan yang di anjurkan pada buku servis kendaraan.

  • Memacu kendaraan dengan lembut

mesin mobil
menginjak pedal gas secara perlahan untuk menjaga putaran mesin mobil

Putaran mesin sangat tergantung dari pijakan pada pedal gas dan posisi gigi percepatan. Untuk membuat lembut putaran mesin, usahakan agar tak menginjak pedal gas secara mendadak, karena hal ini membuat putaran mesin menjadi tinggi secara mendadak juga. Jaga putaran mesin saat sedang melaju pada kisaran 3.500 rpm dengan cara menyesuaikan gigi percepatan, agar kerja mesin tak terforsir.

Previous post
Pemenang Nissan Foto Kontes 2016 Siap Terbang ke San Siro
Next post
Pameran INAPA dan IIBT 2016 Resmi Dibuka