Modifikasi

Tips Modifikasi Honda BeAT Thailook Biar Nggak Norak

Modifikasi Honda BeAT aliran Thailook rasanya masih banyak digandrungi oleh masyarakat meskipun banyak di antaranya yang menganggap aliran modifikasi ini aneh dan norak.

Umumnya modifikasi BeAT ini lebih disukai oleh kalangan pelajar. Banyak dari para pengguna ini rela mengeluarkan kocek yang cukup dalam untuk membeli pernak-pernik serta aksesoris modifikasinya.

Bahkan jika dilihat ke event-event modifikasi lokal ternyata Honda BeAT bergaya Thailook ini seakan belum meredup pamornya. Hampir semua peserta membawa kuda besi kesayangannya dengan modifikasi yang terkenal dengan ban ‘cingkrang’ ini.

honda beat thailook

Namun tidak ada yang salah dengan dunia modifikasi, yang salah hanyalah penggunaannya saja. Sayangnya banyak di kalangan pelajar menggunakan sepeda motor dengan ban cingkrang ini untuk digunakan harian.

Nah, supaya enggak dianggap norak dan aneh Carmudian yang mau melakukan modifikasi Honda BeAT ala Thailook wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Tips Modifikasi Honda BeAT Thailook

Pilih Warna Pelek yang Sesuai

Nah, buat Carmudian yang mau coba mengadopsi gaya Thailook di Honda BeAT kesayangannya buat pertama kali hal yang paling gampang buat dilakukan adalah mengganti pelek.

Kalau bisa memberi saran, sebaiknya pilih pelek yang warnanya enggak norak. Jangan lupa juga sesuaikan dengan warna bodi motor yang bakalan dipasangkan pelek ini.

honda beat thailook

Gaya Thailook. (Foto: Otonesianet)

Misalnya memakai pelek berwarna biru, emas, atau bronze. Tapi memang harus diakui kalau aliran Thailook itu lebih memadupadankan warna-warna ngejreng di sepeda motor.

Kalau kalian enggak mau terlalu ngejreng, bisa pilih yang warnanya senada alias enggak nabrak-nabrak seperti yang sudah ada. Tapi harus dipikirkan juga kalau warnanya hanya satu, nantinya apakah malah jadi monoton atau membosankan? Semua balik ke selera, ya.

Jangan lupa ukuran pelek yang biasanya dipakai untuk motor Thailook berukuran 17 inci dengan lebar 2,15 atau 2,25 inci. Ingat, skutik seperti Honda BeAT enggak bisa memakai pelek yang ukurannya terlalu lebar.

Knalpot Warna Silau

Poin kedua ini bisa dibilang antara saran serius atau sedikit meledek. Tapi coba deh Carmudian perhatikan, rata-rata mereka yang menganut gaya modifikasi ini memang memakai knalpot yang warnanya silau.

Gaya modifikasi Thailook seringkali memakai knalpot yang menjulang ke atas dengan leher knalpot serta knalpot yang warna-warni.

honda beat thailook

Padahal sebenarnya kan bisa juga warnanya dibuat kalem seperti memakai warna doff, atau kilap cat pada umumnya. Tapi memang komponen aftermarket yang banyak dijual di pasaran cenderung berwarna silau.

Sedangkan untuk membuat knalpot yang warnanya kalem tentu membutuhkan waktu dan dana lebih. Hmmm, susah juga ya kalau dibuat enggak silau.

Custom Stiker Body

Kalau di Indonesia banyak yang mengganti livery atau stiker bodi Honda BeAT dengan versi Thailand. Lagi-lagi harus diakui kalau desain stiker ala Thailook ini memang kelihatan ramai.

Umumnya tulisan BeAT diganti dengan tulisan Icon yang dibubuhi dengan aksen bendera Thailand. Biasanya warnanya terdiri dari biru, putih, merah, dan kuning.

Jika Carmudian tidak ingin memakai livery yang terlalu ramai, bisa mendatangi toko khusus cutting stiker untuk membuat desain sesuai selera. Namun jika membeli di toko online, tentu desainnya harus diakui akan terlihat ramai dan lumayan norak.

Saran kami, lebih baik membuat desain livery stiker yang polos dengan tulisan Icon saja. Pilih material stiker yang premium agar bisa memberikan kesan elegan ketika dipasang di motor kesayangan.

Papas Jok Sampai Rata

Belum afdol kayaknya kalau belum papas jok sampai jadi rata. Nah, supaya bikin motor Thailook jadi keliatan keren jangan lupa ratakan jok.

Beberapa orang ada yang sampai mengganti busa di jok dengan menggunakan papan selancar. Kalau untuk kepentingan kontes sih rasanya masuk akal ya, tapi bisa bayangin enggak kalau itu motor dibuat harian?

Rasanya pasti mirip naik dokar atau naik kuda kayaknya. Pantat bisa panas di sepanjang perjalanan mau jalannya sebentar atau jauh.

jok ala thailook

Ingat, kalau motornya masih mau dipakai harian usahakan papas joknya jangan terlalu tipis. Tujuannya supaya bisa tetap nyaman buat dipakai harian.

Beda ceritanya kalau memang itu motor untuk kontes. Buat motor yang bakal dipakai harian, jangan lupa pilih material kulit jok yang bagus supaya nyaman diduduki.

Pakai Plat Nomor Custom

Beberapa waktu lalu pernah viral seorang anak muda yang ditilang Polisi gara-gara memakai plat nomor Thailand. Tindakan seperti ini sih salah juga ya, Carmudian.

Ingat, gunakan plat nomor yang sesuai peruntukannya. Jika mau dimodifikasi, salah satu opsinya adalah membuat plat nomor custom yang ukurannya mirip plat Thailand.

plat nomor custom thailook

(Foto: Ototrend)

Namun kami tidak menyarankan hal tersebut digunakan di motor harian. Jika ingin digunakan lebih baik dan bijak digunakan saat event saja. Itupun dengan catatan plat tersebut dipasang pada saat event saja, di luar event kembali menggunakan plat aslinya.

Sokbreker Silau Jangan Lupa

Sebenarnya ini masih satu ‘urusan’ dengan pelek, tapi tak apalah kalau kami bahas pada poin sendiri. Sokbreker belakang bisa diganti dengan merek aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

Tapi harus ingat, jangan asal membeli daripada mendapatkan barang palsu.

Terus, bagaimana cara membedakan yang asli dan palsu?

Salah satu caranya mudah membedakannya jelas dari harga. Biasanya harga barang asli cenderung lebih mahal dibanding barang palsu.

Selain itu, finishing produk juga jauh lebih bagus yang asli ketimbang barang palsu. Cuma ya sah-sah saja membeli produk sesuai kebutuhan.

Mengganti sokbreker juga bisa menambah handling dan kenyamanan menjadi lebih baik. Pilih sesuai selera, mau dibuat lebih empuk atau lebih keras cuma Carmudian yang tahu jawabannya.

Aksesoris Monel Baut

Baut bawaan motor biasanya diganti dengan aksesoris monel baut dengan warna mentereng. Rasanya belum lengkap ya kalau segala sesuatunya belum mentereng silau terang benderang.

Carmudian bisa memilih warna-warna yang sesuai selera. Di pasaran tersedia berbagai warna mulai dari biru, merah, kuning, silver, hijau stabilo, pink, orange, dan abu-abu.

Umumnya bagian yang diganti adalah baut dan mur yang tujuannya bisa mempercantik tampilan. Alih-alih mempercantik tampilan, ternyata pemakaian monel berlebih bisa membuat motor menjadi norak secara tampilan.

Usahakan tidak mengganti seluruh baut dengan monel aksesoris untuk menghindari kesan norak. Kenyataannya di lapangan, ternyata banyak juga pengguna yang mengganti hampir seluruh baut dengan monel aksesoris seperti ini.

Harus diakui, aliran modifikasi Thailook ini memang kerap dianggap norak dan alay. Tetapi jika sudah bicara selera memang hal tersebut wajib dikesampingkan demi memuaskan batin sang pemilik.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts