Home » Berita » Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Kotor

Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Kotor

Toyota Land Cruiser Sahara Horizon
Membersihkan jok mobil sebenarnya tidak sulit dan mahal. Foto/Ilustrasi.

Jakarta – Layaknya sofa atau kursi keluarga di rumah, jok di mobil akan menentukan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Saat jok mobil kotor, bukan cuma terlihat jorok tapi juga mengganggu dan bikin risih. Tidak sulit kok sebenarnya cara untuk membersihkan jok mobil, baik itu bahan fabric atau kulit.

Seringkali kita dibuat pusing dengan biaya perawatan kendaraan yang menguras kantong, termasuk untuk perawatan jok. Padahal, kita bisa tetap merawat jok mobil kesayangan namun dengan budget seminimal mungkin. Dengan bahan yang banyak tersedia di minimarket, kita bisa kembali menyingkirkan noda membandel di jok mobil.

Jok mobil tidak jarang sudah dalam keadaan sangat kotor. Biasanya, ini terjadi setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh, semisal pulang kampung atau touring. Banyak noda yang menempel di sana-sini dan bahkan memiliki bau yang tidak sedap.

Hal ini bisa saja terjadi karena bekas makanan yang jatuh atau terkena tumpahan kuah makanan serta minuman. Akibat hal-hal seperti ini bisa membuat jamur-jamur tumbuh dan menyebabkan kerusakan pada jok mobil kalian. Tentu saja jika kotoran dan bau ini tidak dibersihkan dalam waktu lama menyebabkan kerusakan di pelapis jok dan aroma tidak sedap.

Ternyata tidak membutuhkan waktu lama untuk membersihkan jok mobil. Anda hanya memerlukan niat dan keinginan untuk membersihkan dan sedikit peralatan kebersihan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di mana saja. Beda bahan, jelas beda juga cara membersihkannya.

Perlu juga kalian ketahui, interior mobil bisa memperlihatkan karakter orang yang memiliki mobil tersebut. Kondisi jok mobil dan interior yang kotor juga bisa menjadi penilaian bila pemilik atau penggunanya adalah orang yang jorok dan malas bebersih.

Periksa Jenis Bahan Jok Mobil Anda

Memilih bahan kulit sintetis untuk jok mobil (Foto: MBtech)

Sangat penting untuk mengetahui jenis jok mobil Anda serta bahan apa yang dipakai. Bahan yang berbeda tentu saja harus mendapatkan perlakuan yang berbeda pula.

Jenis bahan kulit tentu saja tidak bisa disamakan dengan fabric bagaimana cara atau bahan untuk membersihkannya. Bahan kulit baik itu asli atau sintetis tidak bisa dengan cara yang kasar atau dengan bahan yang keras.

Begitu juga sebaliknya dengan bahan katun atau fabric, bahan katun yang lembut tentu saja tidak bisa digosok dengan begitu kencang dan keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada bahannya.

Bahkan setiap jenis bahan ini memerlukan cairan pembersih yang berbeda. Dengan mengenali jenis bahan dari jok mobil Anda, maka Anda pun akan menemukan cara yang tepat untuk membersihkan jok Anda dari segal noda dan kotoran yang membandel.

Untuk bahan kulit, hindari pemakaian minyak kayu putih atau cairan pembersih yang bersifat melunturkan warna. Lebih ideal, memakai shampo rambut yang mengandung conditioner. Sedangkan untuk bahan kain atau fabric bisa memakai bahan detergen untuk mencuci baju bayi.

Gunakan Bahan Yang Tepat Saat Membersihkan Jok Mobil

Cara membersihkan jok kain. Foto/Ilustrasi.

Ada banyak sekali jenis cairan pembersih yang di jual di supermarket. Anda dapat membeli pembersih yang sesuai setelah mengenali jenis jok yang Anda miliki.

Cairan pembersih ini terdiri dari beberapa tingkatan. Bahkan ada cairan pembersih yang mungkin malah merusak jok mobil Anda karena sifatnya yang terlalu keras seperti sabun detergen. Maka dari itu pilihlah pembersih yang sesuai dengan bahan jok mobil Anda dengan aroma yang dapat mengurangi bau-bauan yang menempel pada jok.

Jika ada noda membandel, memang diperlukan penanganan berulang kali. Noda membandel yang ditempeli oleh jamur biasanya membutuhkan penanganan lebih dari sekali. Jika jok mobil Anda berbahan dasar kulit, maka Anda dapat menggunakan conditioner shampoo atau bahan pelembut kulit untuk membersihkan noda tersebut.

Sesuaikanlah pembersih yang tepat jika bahan jok Anda telah dimodifikasi. setelah pembersihan selalu keringkan dengan baik untuk menghindari bau yang tinggal di dalam mobil Anda.

Adapun untuk bahan fabric, kita bisa meneteskan cairan deterjen baju bayi di titik noda. Pertama, bersihkan jok menggunakan vacum cleaner untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Setelah itu, gosok memakai sikat gigi bekas dengan bulu halus secara hati-hati hingga kotorannya luntur. Cara ini bertujuan supaya struktur kain jok mobil juga tidak rusak.

Bila sudah selesai, seka dengan lap bersih yang agak basah supaya bekas sabunnya hilang. Untuk mengeringkannya, hindari memakai hair dryer dan sebaiknya dikeringkan alami dengan diangin-anginkan.

Gunakan Shampo Bayi Sebagai Cairan Pembersih

Lapisan kulit termasuk bahab sintetis sebenarnya minim perawatan. Cukup di lap saja dengan kain halus lalu ditambah air hangat. Bisa juga kita memakai kain berbahan microfiber yang bersih supaya hasil lebih maksimal.

Bila menghadapi noda yang membandel, bisa membersihkannya dengan sampo bayi. Cukup di sikat dengan lembut dan kemudian diseka dengan lap halus yang agak basah untuk membersihkan sisa busa shampo.

Cara Membersihkan Noda Tinta di Jok Mobil

Pernah mengalami jok mobil terkena tinta? Maka ada satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan noda tinta tersebut. Gunakanlah cairan pembersih yang memiliki kandungan alkohol.

Oleskan kebagian di mana noda tinta berada. Kandungan alkohol yang dimiliki akan dapat membantu menghilangkan noda tinta yang terdapat pada jok mobil. Cara ini perlu sangat berhati-hati karena sifat alkohol bisa melunturkan warna di jok kulit.

Jika Anda bingung dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol, maka Anda dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan noda tersebut. Cara ini dapat juga Anda gunakan bukan hanya pada jok mobil anda tetapi juga untuk pakaian atau celana yang terkena tinta.

Gosok secara perlahan di titik yang ketumpahan tinta sampai luntur. Untuk melunturkan tinta yang sudah kering, butuh beberapa tahap supaya lapisan warna jok di kulit tidak ikut luntur.

Bersihkan Noda Minyak dan Lemak

Satu lagi noda membandel yang mungkin sering Anda temukan menempel di jok mobil. Noda bekas minyak dan lemak ini ternyata mampu menimbulkan bau yang kurang sedap, ditambah jika minyak tersebut merupakan bekas makanan.

Ada satu cara yang dapat dilakukan ketika jok mobil Anda mengalami masalah ketumpahan minyak atau noda oli. Caranya adalah dengan menggunakan pengencer cat atau pembersih cat kuku.

Pemakaian cairan aseton ini harus sangat hati-hati karena sangat keras dan bisa melunturkan cat dengan mudah. Sebaiknya, aseton hanya digunakan pada permukaan jok berbahan fabric saja. Oleskan pengencer ini ke bagian yang terkena lemak atau minyak dengan menggosokkan secara perlahan menggunakan kain.

Setelah itu taburkan garam ke atas noda tersebut sampai semalaman. Keesokannya bersihkanlah bagian yang telah diberi garam dan Anda akan melihat hasil akhir yang bersih.

Aseton juga bisa situjukan kepada mobil dengan bahan jok kulit, namun harus dibersihkan dengan segera. Untuk melakukan pembersihan ini, gunakanlah bahan-bahan yang lembut untuk menggosok bagian-bagian yang kotor.

Penggunaan sikat gigi juga dianjurkan untuk membersihkan noda membandel. Jangan lupa juga gunakan baking soda untuk menghilangkan bau pada noda tersebut.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Ketahui Cara Memilih Kaca Film Terbaik Bagi Mobil Anda
Next post
Penampakan Wujud Toyota Yaris Facelift, Meluncur 2021