Tips dan Trik

Tips Mudah Merawat Wiper Mobil ala Rifat Sungkar

Jakarta – Wiper merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang bersentuhan langsung dengan kaca mobil dan dapat membantu visibilitas pengemudi saat berkendara di tengah cuaca hujan.

Begitu pentingnya peran wiper pada mobil mengharuskan pemilik kendaraan rutin melakukan pengecekan dan yang tak kalah penting merawatnya agar selalu bekerja dengan optimal.

Wiper mobil

Wiper kaca mobil (Foto: Ilustrasi)

Rifat Sungkar Safety Riding Practitioner mengatakan bahwa sebenarnya tidak sulit merawat komponen tersebut.

Ia hanya menyarankan wiper mobil perlu rutin diganti, mengingat wiper memiliki usia penggunaan terbatas.

“Wiper adalah salah satu alat yang bisa saya bilang minim perawatan. Banyak orang berasumsi kalau mobilnya lagi diam, wiper-nya diangkat saja. Mau diangkat atau ditaruh sebenarnya sama saja, yang penting kita tahu bahwa benda ini bukan benda yang selamanya, sehingga perlu diganti secara rutin,” ujar Rifat di sela-sela media session Bosch Safety Driving Campaign di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

“Jika berdasarkan iklim di Jakarta, mungkin paling lama dua tahun harus diganti, paling lama ya. Tapi kalau misal punya kesempatan satu tahun ganti, apalagi saat curah hujan tinggi, lebih baik dilakukan,” lanjut Rifat.

Rifat juga menyarankan setiap pengguna mobil memiliki lap untuk kaca mobil.

“Investasikan juga satu lap khusus untuk kaca (mobil) karena akan sangat membantu sekali,” terang Rifat.

Baca Juga: Wiper Mobil: Mengenal Komponen Penyusun, Jenis, Dan Tips Perawatan Rutinnya

Wiper Bosch

Wiper Bosch (Foto: Carmudi)

Dalam kesempatan yang sama, Septa, Car Specialist menyampaikan ada dua tanda wiper mobil harus diganti.

“Ketika wiper meninggalkan ‘goresan’ kotoran saat menyapu kaca mobil, itu yang pertama. Kedua, kondisi wiper saat menyapu kaca menimbulkan suara berderit,” jelas Septa.

Ia pun menyarankan setiap pengguna perlu mengecek kondisi mobilnya secara berkala, selain melakukan penggantian komponen tersebut jika harus diganti.

Bosch Bagikan Ribuan Wiper Gratis

Bosch

Bosch bagikan wiper gratis (Foto: Carmudi)

Dalam rangka meningkatkan kesadaran pentingnya wiper pada mobil, Bosch sebagai penyedia suku cadang otomotif membagikan 2.000 wiper Clear Advantage untuk pengemudi taksi online secara gratis.

Bosch berharap hal ini dapat meningkatkan keamanan berkendara bagi mereka yang umumnya punya intensitas berkendara harian tinggi di berbagai kondisi cuaca.

“Kampanye ini menguatkan komitmen Bosch untuk terus menghadirkan suku cadang dengan teknologi unggul yang mampu menunjang keselamatan berkendara,” tutup Pirmin Riegger Managing Director Bosch Indonesia.

Baca Juga: Bosch New Clear Advantage Wiper Bantu Maksimalkan Visibilitas Saat Hujan Deras

Penulis: Nadya Andari
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts