Site icon Carmudi Indonesia

Tips Mudik Lebaran Ini Mudah Dilakukan: Mulai dari Diri Sendiri!

Bekasi — Tips mudik Lebaran akan sangat membantu agar perjalanan menuju kampung halaman tetap nyaman, aman, dan menyenangkan.

Menurut Ricka Astry selaku Outlet Head OtoXpert Tambun Bekasi, memastikan kondisi pemudik baik sebelum berangkat mudik adalah salah satu tipsnya.

Tips mudik Lebaran baiknya diikuti untuk perjalanan aman, nyaman, dan menyenangkan. (Foto: Ilustrasi)

“Selain kendaraan yang digunakan untuk mudik Lebaran, pemudik juga harus memastikan kondisinya sendiri benar-benar baik sebelum mudik. Saya sarankan pemudik beristirahat yang cukup sebelum berangkat mudik,” ujar Ricka di Bekasi, Senin (17/4/2023).

Selain itu, Ricka juga menyarankan setiap pemudik melakukan pengecekan kendaraannya di bengkel.

“Sebelum berangkat, masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi bisa melakukan pengecekan pada kendaraannya terlebih dahulu di bengkel terdekat dan terpercaya. Pengecekan ini perlu dilakukan pada bagian-bagian yang penting untuk berkendara seperti rem, kopling untuk mobil manual, dan lainnya,” jelas Ricka.

Tips mudik yang wajib dilakukan adalah melakukan pengecekan mobil di bengkel. (Foto: Carmudi)

“Medan jalan yang dilalui banyak pemudik pastinya tidak selalu rata, bisa jadi melewati banyak jalan tanjakan. Belum lagi kondisi jalan yang macet. Tips satu ini memang perlu dilakukan agar perjalanan mudik lancar dan aman,” lanjut Ricka.

Ricka turut membagikan langkah-langkah pengecekan yang bisa dilakukan pemudik pada mobilnya di rumah masing-masing.

“Mereka bisa melakukan pengecekan pada air aki, lalu cek air radiator. Pemudik bisa membawa stok air radiator untuk mudik setidaknya satu liter. Kemudian, cek juga kondisi oli, wiper, dan tekanan angin ban mobil. Pastikan tidak terlalu berlebih tekanan anginnya,” kata Ricka.

Lampu mobil, lanjut Ricka, juga bisa dilakukan pengecekan di rumah baik di bagian depan maupun belakang.

“Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat perjalanan mudik. Takutnya lampu mobil tidak bisa memberikan pencahayaan yang bagus bagi pengguna kendaraan lain saat ingin belok ataupun putar balik,” tutup Ricka.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!