Tips dan Trik

Tips Pemeriksaan Ringan Pada Mobil yang Bisa Dilakukan Oleh Wanita

Selain rutin melakukan perawatan di bengkel, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pemeriksaan terutama ketika hendak menggunakan mobil untuk menemani aktivitas. Terlebih jika mobil jarang dipakai atau sudah terlalu lama diam di garasi.

“Setiap kendaraan perlu perawatan yang rutin, agar kondisinya tetap prima. Paling tidak mobil harus rajin dipanaskan mesinnya setiap satu minggu sekali. Bukan hanya sekedar memanaskan mesinnya, Ada juga beberapa hal yang harus dilakukan pemeriksaan minimal beberapa hari sekali,” ungkap Tegar Ardisura Raharja Head of Marketing & Promotion Strategy Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), saat virtual press conference, Rabu (21/4/2021).

Pemeriksaan Mobil

Mitsubishi siapkan layanan daurat bagi pelanggan yang terdampak banjir (Foto: Ilustrasi/MMKSI)

Ada beragam komponen pada mobil yang perlu diperiksa, mulai dari ban, oli hingga air wiper. Pemeriksaan ini tergolong ringan, bahkan bisa dilakukan sendiri oleh wanita.

Berikut ini beberapa tips pemeriksaan ringan pada mobil yang dapat dikerjakan oleh wanita, sebagaimana disampaikan oleh Tegar.

Ruang Mesin

Ada beberapa pemeriksaan pada ruang mesin, seperti pengecekan oli mesin. Caranya mudah cukup cabut stick oli kemudian bersihkan dengan kain dan masukkan kembali.

Kemudian cabut lagi supaya dapat dengan mudah mengetahui level oli mesin, apakah berkurang atau tidak sama sekali.

Pemeriksaan mobil

Mengecek oli mobil (Foto: Ilustrasi/TechCrack)

Periksa juga cairan radiator coolant, pastikan posisinya berada di antara level maksimal dan minimal. Hal serupa juga berlaku untuk air wiper, dan minyak rem.

Jangan lupa setelah melakukan pemeriksaan pastikan tutupnya tertutup rapat.

“Kalau ternyata cairan berkurang di bawah indikator normal, cukup ditambahkan saja. Namun khusus pengecekan cairan radiator, wiper dan minyak rem harus dilakukan di permukaan datar agar terlihat dengan jelas cairannya berada di level mana,” terang Tegar.

Tekanan Angin Ban

Mobil yang jarang dipakai juga perlu dilakukan pemeriksaan tertama tekanan angin pada ban. Apabila tekanan angin berkurang maka harus segera melakukan pengisian.

Untuk mengisinya sendiri di rumah diperlukan portable electric compressor. Alat ini bisa dibeli lewat e-commerce atau toko otomotif terdekat.

Pemeriksaan mobil

Periksalah tekanan angin ban sebelum melakukan perjalanan jauh. (Foto: Istimewa)

Caranya penggunaannya sangat simpel cukup colokkan ujung kabel ke port cigarette lighter di mobil, kemudian pasangkan selang angin ke ban.

Panaskan Mesin

Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil. Jika mesin mobil terlalu lama diam maka akan bermasalah pada oli.

Ada kemungkinan oli mengendap dan ketika mesin dinyalakan bisa terjadi gesekan antar komponen di dalam mesin, karena oli tidak melumasi komponen mesin secara maksimal.

“Nantinya ini akan memengaruhi pada performa mesin kendaraan. Apabila terjadi seperti ini sebaiknya lakukan penggantian oli terlebih dahulu,” imbuh Tegar.

Antibacterial Air Freshener di kabin Mitsubishi Xpander (Foto: Santo/Cramudi)

Interior

Sebaiknya bersihkan interior mobil satu minggu sekali agar kabin tetap bersih dan terhindar dari kotoran dan debu.

Bila perlu gunakan cairan disinfektan model spray supaya kabin terbebas dari bakteri dan udara di kabin menjadi lebih segar.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *