Berita Sepeda motor Sumber informasi

Tiru PCX, All New Honda Vario 150 dan 125 Tanpa “Engkol”

All New Honda Vario Tanpa Engkol (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 tampil dengan desain serba baru mulai dari body, hingga teknologi yang dipasangkan. Bahkan pada skuter matik (skutik) andalan Honda ini sudah tidak lagi menggunakan kick starter atau engkol sebagai pilihan untuk menyalakan mesin secara manual.

Jadi untuk menyalakan mesin All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 hanya menggunakan starter elektrik. Penghilangan kick starter bukan tanpa alasan, PT Astra Honda Motor (AHM) menggangap bahwa itu tengah menjadi tren dunia saat ini.

“Penghilangan kick starter adalah trend motor dunia ya, kaya big bike, sport hingga skuter besar. Itu sudah tidak ada kick starter. Lalu survei masyarakat yang memakai kick starter menurun dan berkurang,” ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, disela peluncuran All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125 di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Ditambahkannya, penggunaan kick starter digantikan oleh hadirnya Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System (Vario 150).

“Penggunaan kick starter juga sebenarnya merupakan perubahan layout dari kami pasang smart key. Nah karena ada itu layout jadi berbeda. Sehingga engkol tidak diperlukan,” sambungnya.

Fitur Smart Key System di Vario 150 merupakan teknologi terbaru dan pertama yang ditawarkan oleh AHM. Sebelumnya fitur serupa sudah ada di All New Honda PCX yang baru saja diluncurkan AHM beberapa waktu lalu.

“Dengan dipasangnya smart key maka butuh perubahan dari sisi lay out penempatan baterai dan berapa penempatan untuk kabel-kabel elektriknya itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kick starter dihilangkan. Dengan pemakaian smart key Honda PCX juga kehilangan kick starternya. Jadi memang tendensinya mengarah ke seperti itu untuk pengembangan produknya,” timpal ujar Ryoji Imai Honda R&D Southeast Asia Co, Ltd, sekaligus Large Project Leader Vario 150 / 125.

Honda Vietnam Sudah Mulai Hilangkan Kick Starter

Ternyata hilangnya fitur kick starter bermula dari Honda Vietnam yang telah menerapkannya pada beberapa model yang dipasarkan. Tanpa menyebut model apa saja, namun Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma percaya dengan dihilangkannya fitur kick starter tidak akan merepotkan justru memudahkan pengendara bila ingin menghidupkan mesin.

All New Honda Vario (Foto: Santo/Carmudi)

“Honda Vietnam sudah menghilangkan kick starter. Kami yakin dengan teknologi yang kami kembangkan itu tidak akan memberikan masalah dengan kehilangan kick starter,” katanya.

Sebelum memutuskan untuk menghilangkan fitur kick starter, lanjut Inuma pihaknya telah lebih dulu melakukan survey dan benar-benar dipikirkan secara matang.

“Kami sudah memikirkan dengan sungguh-sungguh dan sangat serius sebelum kami memutuskan untuk menghilangkan kick staretr ini,”ucap dia.

Untuk diketahui All New Honda Vario 150 dipasarkan dengan harga Rp22,5 juta sedangkan All New Honda Vario 125 Rp19,9 juta. Untuk kedua produk teranyar ini, AHM menargetkan kedua model ini dapat terjual sekitar 1 juta per tahun.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/