BeritaSumber informasi

Tomoki Uchida Lepas Jabatan Sebagai Nahkoda Honda Prospect Motor

Jakarta – Bebarengan dengan peluncuran Honda City dan Odyssey, PT Honda Prospect Motor (HPM) sekaligus umumkan serah terima jabatan Direktur baru. Ya, Tomoki Uchida yang telah mengemban tugas selama 5 tahun menyerahkan jabatanny kepada Takahiro Watanabe.

Seperti diketahui pria Jepang yang akrab disapa Uchida ini telah memimpin HPM sejak 2011. Selama kepemimpinannya HPM mengalami perkembangan pesat dan makin mantap menjadi APM di Tanah Air.

Dalam kurun waktu 5 tahun, penjualan Honda di Indonesia meningkat dari 45.416 unit (2011) menjadi 199.364 pada akhir 2016. Sekaligus menjadi penjualan Honda paling tinggi saat ini di Indonesia.

Bahkan pangsa pasar Honda di Indonesia meningkat dari 5% menjadi 19% dalam kurun waktu yang sama. Raihan pangsa pasar ini merupakan yang tertinggi untuk Honda di seluruh dunia.

Selama kepemimpinan Uchida banyak meluncurkan produk yang bermain di segmen baru. Diantaranya Honda Brio, Honda Brio Satya (2013), Honda Mobilio (2014), Honda HR-V (2015) serta Honda BR-V (2016).

“Telah banyak pencapaian yang diraih HPM dalam waktu 5 tahun, seiring dengan pasar otomotif Indonesia yang berkembang pesat. Yang lebih penting adalah kepercayaan konsumen di Indonesia terhadap produk kami. Terima kasih kepada semua pihak yang selama ini mendukung dan membantu kami,” ujarnya saat memberikan pidato perpisahan, Kamis (16/3).

Tak hanya itu, bahkan dalam kepemimpinannya, Honda terus menanamkan investasinya dengan menambah berbagai fasilitas produksi di Indonesia. Kejelian Uchida melihat pasar otomotif dan bisnis Indonesia sudah teruji selama 5 tahun.

Diantaranya pabrik crank shaft, stamping plant, engine bench test facility dan masih banyak lagi. Dengan adanya penambahan fasilitas produksi tersebut, pasokan permintaan domestik maupun ekspor dapat terpenuhi dan makin meningkat.

Pasar Otomotif Indonesia “Hot”

Sepeninggal Uchida kini HPM dipimpin oleh Presiden Direktur baru yaitu Takehiro Watanabe. Pria kelahiran Tokyo 23 September 1965 ini bergabung dengan honda sejak 1991.

Menurut Watanabe ini merupakan tugas yang tak mudah, pasar otomotif Indonesia sangat Hot (panas) sama dengan negaranya yang panas.

“Saya bangga diberi kepercayaan untuk memimpin HPM, Indonesia merupakan negara yang penting bagi Honda. Sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang paling potensial di dunia,” ujarnya saat memperkenalkan diri dalam pidatonya.

Dia berharap bisa mendapat dukungan dari semua pihak, dan akan berusaha untuk makin memperkuat brand Honda di Indonesia. Sebagai informasi sebelum memimpin Honda di Indonesia dia sempat ditugaskan di Mexico (2002), dan Amerika Serikat (2010). (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts