Berita Mobil Modifikasi

Toyota 86 GR Sport Meluncur, Tenaga Mesin Masih Sama

Toyota 86 GR Sport (Foto: Drivemag)

Tokyo – September 2017 lalu Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan Gazoo Racing yang merupakan divisi baru khusus motorsport dan performa Toyota.

Meski terbilang baru, Gazoo Racing sudah menghasilkan banyak karya, salah satunya varian performa dari Yaris (Vitz di Jepang) atau mereka menyebutnya dengan GRMN Vitz. Hatchback kencang itu dijual secara eksklusif hanya di Jepang saja.

Gebrakan itu disusul peluncuran Toyota 86 GR Sport dan 86 GR, baru-baru ini. Sebagai mobil sport harian, Gazoo Racing memilih tidak merombak Toyota 86 secara ekstrim, melainkan hanya sebatas penyematan sejumlah ‘add on‘ saja di sisi eksterior supaya mobil bertubuh langsing itu semakin tampil sporti dan sektor pengereman yang ikut mendapat konfigurasi anyar.

Sistem pengereman Brembo 86 GR Sport (Foto: Drivemag)

Diberitakan Carscoops, Gazoo Racing menambahkan splitter depan, side skirt dan velg alloy 17 inci dengan sentuhan warna hitam. Tambahan aksesori lain yang ada dibagian terluar mobil berupa sistem pengereman Brembo dengan kaliper merah dan bumper belakang dengan dual knalpot yang mengapit diffuser serta tiga pilihan warna bodi mulai dari Crystal Black Silica, Crystal White Pearl dan Pure Red.

Melangkah ke sektor kabin, Gazoo Racing membesut kabin mobil dengan material kulit yang melapis lingkar kemudi dan dipermanis oleh aksen jahitan timbul berwarna silver. Kemudian yang tidak kalah menariknya di sini adalah instrument cluster warna putih dan emblem GR Sport yang eksklusif sebagai pembeda dari varian Toyota 86 lain.

Tampilan Interior 86 GR Sport (Foto: Drivemag)

Sedangkan untuk Toyota 86 GR, mendapat tambahan aksesori yang serupa seperti Toyota 86 GR Sport. Hanya saja ditambahkan jok bucket Recaro. Kedua model mendapat sistem infotainment GR-T Connect terbaru yang menampilkan fitur unik ‘racing recorder‘ yang mencatat waktu kecepatan dan menunjukkan parameter kendaraan lain.

Tidak Ada Peningkatan Tenaga Pada Toyota 86 GR Sport

Ubahan sisi eksterior dan interior pada 86 GR Sport dan GR membuat mobil terlihat lebih segar. Maklum karena 86 terbilang sudah lama mengendap di lini produk Toyota dan tidak juga mendapat model baru.

Namun cukup disayangkan Toyota tidak membebaskan Gazoo Racing untuk membuat 86 lebih kencang lagi. Toyota 86 GR Sport dan 86 GR masih bertahan dengan mesin standar pabrikan yang memiliki kapasitas 2.0 liter empat silinder.

Mesin ‘boxer’ ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal 204 hp dan torsi puncak 212 Nm. Tenaga dikirim ke roda belakang lewat transmisi manual atau otomatis enam percepatan.

instrument cluster Toyota 86 GR Sport (Foto: Drivemag)

Selain meluncurkan kedua varian baru 86, Toyota juga menawarkan GR Parts. Strategi penjualan parts secara terpisah ini membuat pemilik 86 standar juga bisa memodifikasi kendaraannya mirip seperti 86 GR Sport dan 86 GR. Berbagai parts dan aksesori bisa dipilih.

Dalam silsilah varian besutan Gazoo Racing yang ada, varian GR Sport berada di bawah GRMN dan GR. GRMN menjadi varian tertinggi. (dna)

Silsilah Gazoo Racing (Foto: Jalopnik)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts