HomeBeritaToyota Akan Luncurkan Corolla Altis Baru, Pakai Platform C-HR

Toyota Akan Luncurkan Corolla Altis Baru, Pakai Platform C-HR

Toyota Corolla Altis baru (Foto: Paultan)

Bangkok – Setelah melakoni debut dunia di China pada akhir 2018, Toyota langsung memboyong Corolla Altis baru ke beberapa negara termasuk Thailand. Model 2019 itu rencannya meluncur di Thailand pada Agustus mendatang.

Dikutip dari Paultan, Toyota Corolla Altis baru yang akan dipasarkan di Thailand memiliki tampilan lebih segar dan sama dengan di China dan Eropa. Tidak seperti Corolla Altis di Amerika, di mana mobil sedan ini telah dibekali dengan fasia yang lebih agresif.

Corolla generasi ke 12 ini dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sama seperti yang digunakan untuk Prius dan C-HR. Mengacu pada Toyota Corolla Altis baru di China, mobil sedan ini memiliki panjang 4.640 milimeter (mm), lebar 1.780 mm dan tinggi 1.435 mm. Ini membuatnya 10 mm lebih panjang, lebih lebar lima mm dan 45 mm lebih rendah dari model sebelumnya.

Pengurangan tinggi Toyota Corolla Altis baru tujuannya untuk memberikan penampilan yang lebih dinamis. Wheelbasenya sendiri tidak mengalami perubahan tetap di 2.700 mm. Jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya Honda Civic, Altis baru lebih panjang 10 mm, lebih lebar 1 mm, dan lebih tinggi 19 mm, dengan panjang wheelbase yang sama.

Interior Toyota Corolla Altis baru (Foto: Paultan)

Dua Pilihan Mesin

Berdasarkan spekulasi yang berkembang di Thailand, kemungkinan besar Toyota Thailand akan menyediakan Toyota Corolla Altis baru dengan dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1.6 liter dan 1.8 liter. Setelah itu ada satu lagi varian yaitu hybrid dengan mesin bensin 1.8 liter.

Jika demikian, mesin bensin 1ZR-FAE Dual VVT-i punya Toyota Corolla Altis baru diperkirakan bertenaga 132 hp dan torsi puncak 159 Nm untuk versi 1.6 liter. Pilihan transmisi enam percepatan manual atau otomatis jenis Continuously Variable Transmission (CVT). Sedangkan mesin 1.8 liter bisa menghembuskan tenaga sekuat 140 hp dan torsi 173 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui Super CVT-i automatic dengan tujuh virtual ratios.

Toyota Corolla Altis baru (Foto: Paultan)

Sementara itu varian 1.8 liter hybrid akan menhasilkan tenaga hasil kolaborasi mesin 2ZR-FXE Atkinson-cycle bertenaga 120 hp dan torsi 142 Nm dengan motor listrik yang memiliki dorongan tenaga sebesar 71 hp dan torsi 163 Nm. Toyota hanya menyediakan satu pilihan transmisi saja yaitu otomatis jenis CVT.

Toyota Corolla Altis Terakhir Meluncur 2017

Pengalaman dari produk Toyota sebelumnya, jika ada model baru yang meluncur di Thailand maka tidak lama lagi akan masuk ke Indonesia. Apalagi Toyota Altis yang sekarang ini dipasarkan di dalam negeri berstatus Completely Build Up (CBU) Thailand. Jadi bisa diperkirakan Toyota Corolla Altis baru akan melenggang di Tanah Air dalam waktu dekat.

Toyota Asta Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia terakhir kali membawa Corolla Altis terbaru pada awal 2107. Saat itu peluncurannya dibarengi dengan Kijang Innova Venturer.

Berdasarkan situs resmi TAM, Corolla Altis ditawarkan dalam dua pilihan seperti 1.8 G M/T dibanderol Rp441,55 juta dan 1.8 V A/T Rp476,05 juta. Harga tersebut on the road Jakarta.

Previous post
Kevin Aprilio Rela Jual Ferrari 430 dan Cuma Pakai Mobil Seharga Rp100 Juta
Mahindra Thar 700
Next post
Mahindra Thar 700, Kloningan Jeep Wrangler TJ Buatan India