Berita

Toyota All New GR86 Pikat Konsumen dengan Mesin Lebih Kuat

GIIAS, Tangerang — Toyota All New GR86 menjadi salah satu suguhan yang bisa konsumen jumpai di booth Toyota dalam pameran GIIAS 2022, 11—21 Agustus bertempat di ICE BSD City, Tangerang.

Toyota All New GR86

Toyota All New GR86 menjadi salah satu suguhan yang bisa konsumen jumpai di booth Toyota dalam pameran GIIAS 2022, 11—21 Agustus bertempat di ICE BSD City, Tangerang. (Foto: Toyota)

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan sportscar ini untuk memuaskan hasrat konsumen yang doyan mobil kencang. Terlebih lagi dengan adanya peningkatan performa mesin dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dirangkum dari keterangan tertulisnya, Rabu (17/8/2022) All New GR86 yang telah resmi dipasarkan di Indonesia memiliki peningkatan tenaga maksimum sebesar 17,5 persen dari 197,2 hp menjadi 231,7 hp.

Torsinya pun bertambah dari 205 Nm menjadi 250 Nm. Tak kelah penting, angka tersebut bisa dikail pada putaran mesin yang jauh lebih rendah.

Peningkatan figur-figur di atas tak lepas dari kapasitas mesin yang turut meningkat. Mesin boxer 4-silinder FA24 yang pada generasi sebelumnya memiliki kapasitas 1.998 cc kini menjadi 2.387 cc.

Sudah bukan rahasia lagi, penggunaan mesin boxer memiliki keuntungan tersendiri bagi sebuah kendaraan karena centre of gravity yang rendah. Hal tersebut pun berujung pada handling yang lebih baik.

Interior Toyota All New GR86

Interior Toyota All New GR86 (Foto: Toyota)

“Toyota 86 merupakan sebuah sports car yang memiliki handling yang responsif berkat center of gravity yang rendah, dan juga mudah serta nyaman untuk dikemudikan harian maupun pada saat akhir pekan,” kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy.

The Power of Three

Dalam silsilah keluarga Toyota, mobil ini masuk sebagai model flagship garapan Toyota Gazoo Racing. Seperti halnya Toyota GR Supra sebagai yang paling tinggi kemudian disusul Toyota GR Yaris.

Mobil ini sebelumnya mengusung nama Toyota 86 yang pertama kali hadir di Indonesia tahun 2012. Sosoknya mewarisi DNA dari Toyota AE86 yang dulu dipasarkan pada era 1980-an.

All New GR86 itu sendiri menjalani debut dunianya pada Desember 2021. Bersama GR Supra dan GR Yaris, trio kendaraan ini disebut sebagai “The Power of Three”.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/