Mobil

Toyota All New Land Cruiser, Manjakan Pengguna di Jalan Ancur Sekalipun

Jakarta — Bersamaan dengan peluncuran Toyota New Fortuner bermesin diesel 2.800 cc, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menghadirkan Toyota All New Land Cruiser.

Toyota All New Land Cruiser

(Foto: Carmudi)

Sudah sejak lama produk tersebut dikenal sebagai salah satu mobil segala medan yang tangguh. Reputasi tersebut tetap menempel pada generasi terbarunya alias Land Cruiser 300 Series.

Ada dua varian tersedia untuk pasar Indonesia, meliputi VX-R dan GR-S. Perbedaan antara keduanya bisa dilihat mulai dari tampilan luar.

Toyota All New Land Cruiser VX-R menggunakan gril yang terdiri dari empat buah garis horizontal. Sementara itu gril varian GR-S lebih mirip pola sarang lebah ditambah tulisan Toyota di tengahnya.

Peluncuran Toyota All New Land Cruiser

(Foto: Carmudi)

Sentuhan tersebut mirip dengan yang bisa ditemui pada Land Cruiser model lawas.

Bicara penggunaan off road, Toyota All New Land Cruiser menjanjikan kemampuan yang baik. Hal tersebut dirasakan langsung oleh tim Carmudi ketika mendapatkan kesempatan mencicipi mobil seharga Rp2 miliar lebih ini pekan lalu, Kamis (13/1/2022).

Tangguh dan Nyaman

Dukungan terhadap penggunaan di jalan rusak antara lain tersedianya Auto Multi Terrain Select.

Kemudian fitur Crawl Control juga kembali bisa ditemui pada generasi ini. Keberadaannya sangat membantu pengguna mempertahankan laju mobil secara konstan untuk memastikan keselamatan dan mempertahankan grip.

Hal tersebut utamanya saat melewati jalanan dengan permukaan pasir, kerikil, batu-batuan, atau lumpur. Tak perlu menginjak pedal gas, untuk mengatur kecepatannya pengemudi cukup memilih kontrol akselerasi yang terdiri dari 5-percepatan.

Toyota Land Cruiser Terbaru 2022

(Foto: Carmudi)

Di samping itu, faktor kenyamanan juga mendapat perhatian yang terlihat dari adanya fitur New Adaptive Variable Suspension. Khusus varian GR-S juga memiliki fitur Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS).

Berdasarkan penelusuran, fitur E-KDSS dapat mengunci atau melepas stabilizer suspensi yang terdapat di masing-masing roda untuk bekerja secara independen.

Saat stabilizer dalam posisi bebas maka artikulasi roda secara vertikal dapat lebih tinggi dari normalnya. Alhasil, pengalaman berkendara lebih nyaman di dalam kabin. Penumpang tak akan merasa terombang-ambing.

Di lain sisi, pengguna juga bisa mengunci E-KDSS untuk mendapatkan pengendalian mobil yang tajam saat berkendara di jalanan raya mulus.

Untuk sumber tenaganya, mobil dengan panjang bodi nyaris 5 meter ini menggunakan mesin diesel V6 3.346 cc DOHC yang bisa menghasilkan tenaga tertinggi 300,8 hp dan torsi puncak 700,1 Nm.

Harga All New Toyota Land Cruiser

  • VX-R 4×4 A/T Non Premium Color : Rp2.327.800.000
  • VX-R 4×4 A/T Premium Color : Rp2.330.800.000
  • VX-R GR-S 4×4 A/T Non Premium Color : Rp2.378.800.000
  • VX-R GR-S 4×4 A/T Premium Color : Rp2.381.800.000

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts