Berita Mobil Produk Sumber informasi

Toyota All New Rush Hasil Pengembangan dari FT-Concept

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Daihatsu memperkenalkan FT-Concept. Muncul rumor bahwa mobil tersebut akan menjadi cikal bakal Daihatsu All New Terios dan Rush.

Benar saja ketika Toyota meluncurkan Rush terbaru sekilas tampak jelas sekali bentuk serta desainnya mirip FT-Concept. Hal tersebut diperkuat dengan penyataan dari Chief Enginer Toyota Rush, Eiji Fujibayashi.

“Memang kami memamerkan itu (FT-Concept) di GIIAS. Memang melakukan studi apa yang sekiranya bisa diterima masyarakat di Indonesia dan GIIAS itu menjadi suatu kesempatan untuk melihat respons dari konsumen dan calon konsumen. Setelah itu dikembangkan sampai saat ini dan diluncurkan menjadi Rush baru ini,” kata Eiji, disela peluncuran Toyota All New Rush, di Jakarta Kamis (23/112017).

Ditambahkannya bila dibandingkan antara versi konsep dengan versi produksi perbedaan memang ada, namun tidak terlalu banyak.

“Kalau desain sendiri itu kalau melihat kasat mata ada perubahan dan perkembangannya dari konsep seven seater dan sebagainya itu tetap sama,” terang Eiji.

Menggunakan Platform Avanza

Toyota All New Rush hadir melalui riset dan survei yang mendalam supaya sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menariknya All New Rush dikembangkan menggunakan platform dari Avanza terbaru.

“Bisa dikatakan platformnya itu berdasarkan Avanza dan setelah itu kami menambahkan beberapa fitur dan sebagainya. Rush memang basicnya itu Avanza,” ungkap Eiji.

Sementara itu pada kesempatan yang sama dirinya juga mengungkapkan bahwa Rush yang lama dan baru jauh berbeda, baik itu dari desain maupun fitur yang ditawarkan termasuk berat kendaraan.

“Ya hampir semua berubah. Kalau dibandingkan antara Rush lama dan baru lebih berat bodinya dan agak memanjang serta perpindahan ban serep yang sebelumnya di belakang mobil kini di bawah. Walaupun kami menambahkan ban dan menambah banyak fitur, tapi beratnya minim hanya sedikit saja,” jelas dia.

Toyota All New Rush memiliki dimensi panjang 4.435 milimeter, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan wheelbase 2.685 mm. Sumber tenaganya dari mesin berkapasitas 1.500 cc Dual VVT-i (2NR). Diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 104 ps dan torsi puncak 136 nm. Tenaga dikirim ke roda belakang lewat transmisi otomatis empat percepatan dan manual lima percepatan.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts