Berita

Toyota All New Veloz Sabet Bintang 5 Tes Tabrak ASEAN NCAP

Jakarta — Toyota All New Veloz sukses mengantongi bintang 5 dari uji tabrak The New Car Assessment Program for South East Asian Countries (ASEAN NCAP) dengan catatan skor 79,99 poin.

toyota veloz asean ncap

Uji tabrak Toyota All New Veloz dari depan oleh ASEAN NCAP. (Foto: ASEAN NCAP)

Toyota All New Veloz jadi model pertama yang diuji ASEAN NCAP memakai protokol 2021-2025.

Dalam protokol tersebut, ada 4 kategori pengujian di mana mobil rakitan Indonesia ini mendapat 34,88 poin di kategori Adult Occupant Protection (AOP).

Sementara untuk kategori Child Occupant Protection (COP) sukses mengantongi 17,17 poin.

Selain itu, kategori Safety Assist (SAT) mendapatkan angka 16,03 poin, dan kategori Motorcyclist Safety (MS) mendapatkan 11,92 poin.

Peran Toyota Safety Sense dan 6 Airbag

Salah satu alasan Toyota All New Veloz mampu meraih bintang 5 ASEAN NCAP adalah peran teknologi Toyota Safety Sense (TSS) dan kehadiran 6 unit airbag.

“Terima kasih kami ucapkan kepada ASEAN NCAP atas penghargaan yang diberikan. Hal ini sejalan dengan komitmen ini dalam menghadirkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) di sela acara Safe Jakarta pekan lalu.

toyota veloz asean ncap

Dalam pengujian tersebut, ASEAN NCAP melakukan uji tabrak berkali-kali terhadap tipe unit mobil yang sama, dari depan dengan kecepatan 64 km/jam.

Pada uji tabrak frontal tersebut, NCAP melihat indikator dari hasil. Salah satu contohnya adalah melihat kerusakan kendaraan dan gaya yang diterima oleh penumpang di dalam mobil tersebut.

Pengujian ini juga bisa melihat seberapa besar dan efektif fitur keselamatan yang ada di suatu mobil mulai dari airbag, sistem pengereman, dan fitur keselamatan lainnya.

Sementara untuk tes tabrak dari samping dilakukan untuk mengetahui seberapa besar risiko cedera yang diterima penumpangnya.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menerima piagam ASEAN NCAP 2022. (Foto: TAM)

“Kami harap sebagai salah satu MPV favorit di Indonesia, ke depannya akan lebih banyak pelanggan yang dapat merasakan mobilitas yang aman bersama All New Veloz,” tutup Anton Jimmi.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/