Home » Reviews » Toyota Alphard, MPV Premium Punya Cita Rasa Sedan Saloon

Toyota Alphard, MPV Premium Punya Cita Rasa Sedan Saloon

Toyota Alphard
Toyota Alphard tampil dengan wajah baru. Foto/Toyota.

Jakarta – Segmentasi mobil mewah di Indonesia kini tidak lagi didominasi oleh jenis sedan. Seiring kebutuhan, MPV kini semakin berkembang menjadi mobil premium. Toyota Alphard salah satunya, MPV mahal keluaran Toyota ini di awal 2018 mendapat penyegaran dengan berbagai penambahan ornamen serta fitur di bagian eksterior dan kabin.

Dengan berbagai ubahan yang ada, membuat Alphard kian mahal. Saat itu, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek lantas menaikkan harganya sekitar Rp 50,3 juta. Ini membuat duet Alphard dan Vellfire tampil semakin mewah dan menawan dengan mempertajam kesan luxury MPV Series.

Toyota Alphard ini memberikan seluruh hal yang diinginkan konsumen kelas atas. Tidak heran, bila kemewahan pada Alphard ini patut disandingkan dengan sedan saloon keluaran merek Jepang atau bahkan Eropa sekalipun. Alphard menyajikan kenyamanan kabin dengan berbagai fitur yang sangat memanjakan.

Selain itu, kehandalan mesin yang menghasilkan performa tinggi dan keamanan dan keselamatan dari fitur yang diberikan. Toyota Alphard ini tersedia dalam tiga varian dengan pilihan harga berbeda.

Harga Toyota Alphard
TipeHarga
Toyota Alphard 2.5 X A/TRp 925.200.000
Toyota Alphard 2.5 G A/TRp 1.079.000.000
Toyota Alphard 3.5 Q A/TRp 1.733.400.000

Sekilas Perjalanan Toyota Alphard di Indonesia

Nama Alphard diambil Toyota dari nama bintang paling terang dalam konstelasi Hydra. Sementara itu, pakar astronomi Eropa menyebut bintang Alphard sebagai Cor Hydrae atau ‘The Heart of the Snake’. Itulah yang menyebabkan ada logo ular pada grill depan dan bukan menggunakan logo Toyota.

Toyota Alphard dan Vellfire dipakai rombongan Raja Salman dari Arab Saudi (Foto/Carmudi Indonesia/Ben)

Mobil ini awalnya tersedia dalam versi tujuh atau delapan tempat duduk dengan sejumlah opsi mesin, yakni 2.400cc dan 3.500cc. Toyota Alphard pada awalnya dibuat untuk pasar domestik Jepang, tetapi juga dijual di beberapa negara Asia lainnya, termasuk di Indonesia.

Secara resmi mobil besar ini masuk ke Indonesia dalam keluarga Toyota Indonesia pada tahun 2002. Alphard menjadi pionir dalam segmen MPV mewah di Indonesia karena saat itu belum banyak pesaingnya.

Saat ini generasinya telah masuk generasi ketiga dengan membawa sejumlah perubahan terutama dari segi tampilan dan fitur yang makin melimpah. Minor facelift di awal tahun membuat Alphard jadi mobil dengan kenyamanan yang mengesankan dan fitur keselamatan yang lengkap.

Desain yang mencolok dari Alphard generasi ketiga ini adalah ubahan bentuk dan dimensi grille yang lebih besar dan lebih mirip Crown. Selain itu, MPV premium Toyota ini memiliki dimensi 60 mm lebih panjang dan 20 mm lebih lebar dari generasi sebelumnya.

Aura kemewahan memang terpancar dari Toyota Alphard. Memiliki desain dengan empat lampu depan yang terintegrasi cantik dan elegan dengan lampu kabut. Kemudian di bagian belakang, pemasangan LED membuat kesan mewah semakin terpancar.

Eksterior Mewah Layaknya Sedan Saloon

Alphard jadi solusi dari kalangan elit yang butuh kendaraan mewah berkapasitas besar yang tidak dicukupi oleh sedan saloon sekalipun. Desain eksterior MPV boxy ini memancarkan kesan ‘mahal’ yang terlihat dari grille  berukuran besar dengan palang berbentuk tegak.

Toyota Alphard
Toyota Alphard banyak diminati di penyewaan mobil. Foto/Istimewa.

Ubahan desain pada bagian bumper menyesuaikan rancangan grille serta foglamp bezel supaya lebih modern mengikuti alur desain headlamp. Untuk mengesankan suatu mobil futuristik dan modern, maka Toyota memberikan desain baru berupa stop lamp LED yang dipercantik door garnish beraksen krom.

Mesin Bertenaga Besar Andalan Toyota Alphard

Membahas suatu mobil mewah, tidak lengkap rasanya bila tidak menyinggung soal dapur pacunya. Toyota menyiapkan mesin bertenaga besar untuk Alphard yakni mesin bertipe 2AR-FE yang memiliki 4 silinder 16 katup dan berteknologi DOHC Dual VVT-I dengan kapasitas kubikasi 2.494 cc. Mesin tadi sanggup memberikan semburan tenaga hingga 180 Ps per 6000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi pada 23.9 Kg.m per 4100 rpm.

Selanjutnya untuk Toyota Alphard varian tertinggi menggendong mesin  2GR-FE berkapasitas 3.456cc v6 24 Valve DOHC dengan teknologi dual VVT-i. Torsi yang cukup besar pada putaran bawah membuat Alphard ini responsif untuk perjalanan dalam kota maupun perjalanan antar kota.

Berbekal tangki berkapasitas 75 liter, Alphard mampu menempuh jarak setidaknya 750-900 kilometer dengan kondisi bensin terisi penuh. Sebab, konsumsi bahan bakar Alphard berkisar antara 10-12 km/liter. Didukung teknologi Dual VV-TI with ETCS-i and ACIS akan mampu mengoptimalkan torsi selama kecepatan rendah dan sedang, serta meningkatkan tenaga selama kecepatan tinggi.

Spesifikasi Mesin Toyota Alphard
2.5 G A/T & 2.5 X A/T3.5 Q A/T
Seri Mesin2AR-FE2GR-FE
Tipe Mesin2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i2GR-FE, V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i
Isi Silinder (Cc)2,4943,456
Diameter X Langkah (Mm)90.0 x 98.094.0 x 83.0
Daya Maksimum (Ps/Rpm)180/6,000275/6,200
Torsi Maksimum23.9/4,100 (Kgm/Rpm)34.7 / 4,700
Sistem Pemasukan Bahan BakarEFI
Kapasitas Tangki (Liter)75

Interior Mewah Bak Jet Pribadi

Masuk ke kabin Alphard memang memiliki daya tarik tersendiri karena menyajikan kenyamanan dan kemewahan ala jet pribadi. Mulai dari bagian depan terpampang dashboard yang mengedepankan konsep Delightful Journey yang beronamen kayu (Brown Wood) pada tipe 2.5 X, 2.5 G. Makin mewah pada tipe 3.5 Q, didominasi warna hitam dilengkapi aksen brown olive ash brull wood grain.

Interior Toyota Alphard Semewah Jet Pribadi Punya Raffi Ahmad (Foto: Santo/Carmudi)

Soal fitur hiburan jelas tidak bisa dianggap sepele, maka dari itu Toyota Alphard mengusung head unit canggih yang siap dilengkapi beberapa menu pilihan berupa entertainment system, DVD Player, dan navigasi. Penumpang makin dimanjaklan dengan Dual Climate A/C Control with Captive Touch untuk memudahkan penumpang dalam mengendalikan suhu dalam ruang kabin.

Penumpang kian dimanjakan dengan kursi tengah bergaya captain seat yang bahkan sudah memiliki legrest sehingga membuat kaki tidak lekas lelah saat perjalanan jauh. Ingin beristirahat? tinggal rebahkan saja reclining seat dan kemudian naikkan legrest, Anda pun bisa tertidur seperti halnya di sofa atau bahkan di kasur rumah.

Fitur AC Plasmacluster, dapat menyaring debu dan ion-ion negatif dalam kabin. Selain itu, kelembaban dan suhu udara akan secara otomatis mengikuti suhu ideal yang anda inginkan. Ini semakin membuat para penumpangnya merasa nyaman dan betah berlama-lama dalam kabin.

  • Auto Climate Control A/C
  • Multi Zone A/C
  • Entertainment System with Satellite Navigation
  • Multi Information Display
  • Sistem audio 2DIN bermonitor 6.1 inci touch screen
  • Step Illumination
  • Panoramic View Monitor
  • Remote Boot Release
  • New wood panel
  • Cockpit Information Display
  • JBL Audio & Speaker System
  • Driver control with electric parking brake

Handling dan Kenyamanan ala Suspensi Konvensional

Soal kenyamanan jelas jadi harga mati dari Alphard. Sebab, MPV seharga nyaris Rp 1 miliar ini membidik segmen pengusaha dan kalangan elit sebagai penggunanya. Dibalik kenyamanan itu, rupanya Toyota masih percaya diri dengan suspensi konvensional yang dipasang pada Alphard.

Bila mobil sedan premium asal Eropa sudah memakai teknologi suspensi udara untuk peredam guncangan, Toyota Alphard masih memakai Mcpherson Strut with Torsion Beam (depan) dan Double Wishbone with Torsion Beam (belakang). Untuk mendukung pengendalian dan traksi optimal, digunakanlah Alloy Wheels 18 inci yang terbalut ban jenis Radial berukuran 235/50 R18.

Sasis
Suspensi DepanMacPherson Strut with Torsion Bar
Suspensi BelakangDouble Wishbone with Torsion Bar
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangVentilated Disc
Steering GearRack and Pinion with EPS
Ukuran Ban235/50/R18

Kelemahan dan Kelebihan Toyota Alphard

Harga Toyota Alphard ini tergolong begitu tinggi. Namun jika kita bandingkan dengan spesifikasinya, maka banderol Alphard yang menginjak semilyar tersebut dirasa sudah cukup sepadan dan sesuai. Kenyamanan mobil ini cocok buat para konglomerat dengan kesibukan tinggi.

Kelebihan Toyota Alphard

  • Interior super nyaman
  • Kabin makin lapang
  • Bahasa desain baru menawan
  • BBM makin irit

Kekurangan Toyota Alphard

  • Harga yang tinggi
  • Bobot mobil berat
  • Dimensi bongsor bakal menyulitkan maneuver dan sulit untuk parkir

Sekarang tergantung Anda dalam menentukan pilihan, yang pasti semua berbalik dengan kebutuhan dan modal yang tersedia. Jangan lupa dalam menentukan pilihan mobil fungsi utama kebutuhan harus di utamakan, karena itu yang akan sering digunakan dalam kurun waktu yang paling sering. (dol)

 

Previous post
Mobil Sering Mogok? Bisa Jadi Fuel Pump Tak Bekerja Optimal
pemblokiran dokumen
Next post
Penghapusan Regident Bagi Pemilik Kendaraan, Begini Cara Mengajukannya