Berita

Toyota Avanza dan Rush Buatan Indonesia Kena Recall di Filipina

Jakarta –Toyota Avanza dan Rush buatan Indonesia yang diekpor dalam bentuk utuh atau CBU (Completely Build Up) ke Filipina kena recall. Penyebabnya masih sama, yaitu kerusakan pada komponen pompa bahan bakar.

Oktober tahun lalu Toyota Motor Philippines (TMP) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Filipina mengeluarkan pengumuman recall terhadap beberapa model, karena masalah pompa bahan bakar.

Avanza dan Rush Recall

Toyota Avanza dan Rush kena recall di Filipina (Foto/Carmudi)

Model Toyota yang ditarik kala itu terdiri dari Alphard, Corolla Altis, dan Fortuner dengan tahun produksi 2017 sampai 2018. Selanjutnya, Innova lansiran 2017 sampai 2019, FJ Cruiser buatan 2013 sampai 2015, dan Land Cruiser Prado tahun produksi 2013 hingga 2015.

Setelah setengah tahun, TMP memperluas cangkupan mobil yang harus menjalani perbaikan pada komponen pompa bahan bakar. Setidaknya ada dua model tambahan, yaitu Toyota Avanza dan Rush.

Dilaporkan Autoindustriya, Rabu (9/6/2021), TMP membeberkan Toyota Avanza yang ditarik karena masalah pompa bahan bakar berjumlah 17.860 unit dengan tahun produksi mulai 2 Oktober 2017 hingga 11 Juli 2019.

Sedangkan Toyota Rush sebanyak 18.063 unit yang dibangun pada 2 April 2018 hingga 4 Juli 2019.

Jika ditotal, semuanya berjumlah 35.923 unit.

Avanza dan Rush Recall

Toyota All new Rush. Foto/Carmudi.

TMP mengaku sudah memberitahu pemilik mobil Toyota Avanza dan Rush terkait recall ini. Pihaknya juga telah menyarankan para pelanggan untuk melakukan pengecekan secara mandiri lewat laman resmi TMP, untuk memastikan sekaligus mengetahui apakah mobil pelanggan masuk dalam daftar recall atau tidak.

Penggantian komponen pompa bahan bakar pada Toyota Avanza dan Rush tidak dipungut biaya.

Nasib Toyota Avanza dan Rush di Indonesia

Permasalahan pompa bahan bakar juga dialami oleh Toyota Avanza dan Rush yang beredar di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) APM mobil Toyota telah lebih dahulu menyelenggarakan program kampanye recall pompa bahan bakar pada Maret 2021.

Program recall tersebut ditujukan bagi Avanza dan Rush serta beberapa model Toyota lainnya dengan rata-rata tahun produksi 2017 hingga 2019.

“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun. Sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM, Maret lalu.

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru (Foto: Santo/Carmudi)

TAM mengajak para pelanggan yang merasa kendaraannya masuk dalam daftar recall agar segera melakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat.

Untuk proses penggantian di bengkel resmi, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu. Ini supaya diler dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Selain itu untuk menghindari antrean panjang di bengkel.

Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump berlangsung sekira 2-4 jam.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *