Home » Berita » Toyota Avanza Laris Saat Musim Lebaran

Toyota Avanza Laris Saat Musim Lebaran

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz terbaru dihadapan komunitas mobil (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Penjualan mobil Toyota di Mei 2019 tercatat mengalami peningkatan cukup siginifikan dibanding bulan sebelumnya. Faktor yang membuat meningkatnya penjualan Toyota karena terbantu oleh konsumen yang ingin mendapatkan mobil dengan cepat untuk dibawa mudik lebaran.

Berdasarkan data penjualan  Toyota Astra Motor (TAM) menunjukkan total retail sales (dealer ke konsumen) dari seluruh produk yang dipasarkan sebanyak 31.800 unit. Bila dibandingkan dengan April 2019, mobil-mobil Toyota yang terjual hanya sekira 26.600 unit.

Sementara itu angka wholesales (pabrik ke dealer) Toyota berbanding terbalik dengan retail sales. Di mana wholesales Toyota pada Mei mencapai 29.100 unit atau turun tipis dibanding April sebanyak 29.400 unit.

Tingginya angka wholesales Toyota di April sebagai upaya meng-cover permintaan konsumen di bulan berikutnya yang bertepatan dengan lebaran. Sebagaimana diketahui penjualan mobil setiap jelang lebaran selalu tinggi atau menjadi puncaknya dibanding bulan lain.

“Seperti bulan lalu sudah disampaikan bahwa banyak pembeli kendaraan yang ingin menerima kendaraan mendekati lebaran (di atas tanggal 20 Mei) walaupun mereka memesannya di bulan April,” ujar Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT TAM dalam keterangan resminya kepada Carmudi.

Selain moment lebaran, penjualan mobil Toyota ikut terdongkrak berkat pelaksanaan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019.

Avanza Masih Jadi Andalan

Dari total retail sales yang diraih Toyota selama Mei, tercatat ada empat model yang kembali menjadi tulang punggung. Model Toyota pertama yang laris selama periode Mei adalah Avanza. Selama satu bulan mobil “sejuta umat” itu terjual sebanyak 7.500 unit. Angka penjualan Toyota Avanza mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya sebanyak 6.800 unit.

Diposisi berikutnya ada Toyota Calya. Mobil keluarga yang bermain di segmen low cost green car (LCGC) ini telah dikirim ke konsumen sebanyak 5.800 unit sepanjang Mei. Sedangkan pada April hanya terjual 4.500 unit Calya.

Sementara itu di tempat ketiga diisi Toyota Rush dengan angka penjualan selama Mei sebesar 5.600 unit. Naik tipis dibanding April yang terjual sebanyak 5.200 unit. Setelah Toyota Rush ada Kijang Innova. Mobil keluarga ini terjual 4.800 unit di bulan kelima 2019. Sedangkan bulan sebelumnya hanya 4.100 unit.(dol)

Modifikasi Holden Monaro GTS 350 Coupe
Previous post
Modifikasi Holden Monaro GTS 350 Coupe, Serigala Berbulu Domba
Next post
Menjadi Driver Taksi Online Tak Boleh Mobil Lawas

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *