BeritaSumber informasi

Toyota C-HR di Singapura Dijual Seharga 9 Unit Agya

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Bersamaan dengan ajang Singapore Motor Show 2018 di Singapura beberapa waktu lalu, Borneo Motors selaku authorized distributor mobil Toyota, Lexus dan Hino meluncurkan Toyota C-HR 1.2 Turbo. Setidaknya ada dua varian yang ditawarkan oleh Toyota untuk konsumen di Singapura yaitu C-HR 1.2 Turbo Active dan Luxury.

Harga jual untuk kedua varian tersebut bisa dibilang sangat mahal. Hal itu dikarenakan pemerintah Singapura memiliki skema pajak kendaraan yang ketat sehingga setiap kendaraan yang dijual di sana pasti sangat mahal.

Sebagaimana dikutip dari Paultan, Toyota memasarkan C-HR 1.2 Turbo Active dengan harga 119.988 dolar Singapura atau sekira Rp1,211 miliar. Ada delapan pilihan warna untuk varian Active yaitu Radiant Green Metallic, Red Mica, Yellow, Blue Metallic, Metal Stream Metallic, White Pearl Crystal Shine, Black Mica dan Dark Brown Mica Metallic.

Sedangkan untuk varian C-HR 1.2 Turbo Luxury dibanderol 129.988 dolar Singapura atau setara Rp1,312 miliar. Dan 130,988 dolar Singapura atau Rp1,322 miliar untuk konsumen yang menginginkan dua warna pada body-nya. Setidaknya ada sembilan warna kombinasi yang ditawarkan Toyota untuk C-HR.

Harga jual untuk Toyota C-HR untuk pasar Singapura memang cukup mengejutkan. Bila dihitung-hitung harga untuk Toyota C-HR 1.2 Turbo varian Active sama saja seperti membeli sembilan unit Agya varian terendah yaitu 1.0 G M/T yang dibanderol seharga Rp133,4 juta.

Sebagai perbandingan, C-HR yang ditujukan untuk pasar Malaysia saja diperkirakan bakal dijual dengan harga 145,500 ringgit atau sekira Rp489 juta. Di Malaysia Toyota menawarkan C-HR dengan mesin 2ZR-FE 1.8 liter naturally aspirated bertenaga 135 hp pada 6.400 rpm dan torsi puncak 170 Nm pada 4.000 rpm dengan transmisi otomatis jenis CVT.

Lantas bagaimana dengan harga CH-R di pasar Indonesia? PT Toyota Astra Motor Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Tanah Air baru sebatas memperkenalkannya saja. Belum resmi diluncurkan dan dipasarkan secara massal, recananya TAM akan memasarkan C-HR tahun ini juga.

Kendati belum resmi dipasarkan tapi sudah ada importir umum di Batam yang menjualnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp420 juta sampai Rp480 juta untuk varian 1.2 Turbo. Untuk diketahui Batam merupakan free trade zone yang bebas dari pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), dan bea masuk. Bila TAM sudah menjual C-HR kemungkinan harganya bisa di atas itu.

Fitur-fitur Toyota C-HR 1.2 Turbo varian Active dan Luxury

Toyota C-HR 1.2 Turbo varian Active dan Luxury telah dibekali mesin bensin 8NR-FTS berkapsitas 1.2 liter turbo empat silinder. Mampu menghembuskan tenaga maksimal 114 hp pada putaran mesin 5.200 sampai 5.600 rpm dan torsi puncak 185 Nm pada rentang 1.500-4.000 rpm.

Menggunakan transmisi otomatis jenis CVT dengan tujuh percepatan. Toyota mengklaim konsumsi bahan bakar CH-R mencapai 15,6 kilimeter per liter. Keduanya juga dilengkapi dengan beragam fitur seperti velg alloy 17 inci dengan ban berukuran 215/60, tujuh kantung udara, VSC, ABS, brake assist.

Ada juga sensor parkir depan dan belakang, blind spot monitor, dan rear cross traffic alert. Disematkan pula paket Toyota Safety Sense P seperti Pre-collision System. Adaptive High-beam System, Lane Departure Alert dan Dynamic Radar Cruise Control.

Khusus untuk Toyota C-HR 1.2 varian Active telah ditambahkan fitur lain berupa lampu proyektor halogen otomatis dengan DRL, lampu kabut depan. Sedangkan jok berlapis kain warna hitam, layar Multi Information Display (MID) berukuran 4,2 inci. Kaca spion electrochromic, dual-zone climate control dengan NanoE air purification system. Serta sistem hiburan kabin Toyota Telematics.

Sementara itu varian Luxury mendapat perangkat yang lebih bagus seperti lampu LED, sequential turn signals dan smart entry system. Sedangkan kabinnya dipasang jok berlapis bahan kulit, heda unit dengan navigasi, dan smart start system.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts