Berita

Toyota Corolla Cross Bakal Diproduksi di Indonesia, Benarkah?

Jakarta –Toyota Corolla Cross akan diproduksi di Indonesia tahun depan. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno usai melakukan test drive Corolla Cross Hybrid ditemani oleh anaknya, Sulaiman berkeliling komplek perumahannya.

Sandiaga Uno diketahui membeli Toyota Corolla Cross Hybrid saat berkunjung ke pameran otomtoif IIMS Hyrbid 2021 bulan lalu. Dirinya kepincut membeli Corolla Cross Hybrid karena irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Corolla Cross Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mendengarkan suara mesin Toyota Corolla Cross Hybrid (Foto: Instagram/@sandiuno)

Terlepas dari kekagumannya terhadap Corolla Cross Hybrid, pria yang dikenal dengan slogan ‘Oke Oce’ ini menuturkan, sengaja membeli mobil keluaran baru dari Toyota itu dalam rangka meningkatkan perekonomian.

“Jadi yang kami lakukan bersama Sulaiman adalah satu, membantu perekonominan. Karena ternyata ekonomi kita sangat didorong dengan konsumsi kita. Jadi buat masyarakat menengah ke atas mumpung ada keringanan-keringanan, mumpung ada pembebasan PPnBM kita dukung dengan berkonsumsi,” ungkap Sandiaga Uno yang dikutip Carmudi dari instagram resminya, Selasa (11/5/2021).

“Apalagi kalau nanti Corolla Cross sudah diproduksi di Indonesia mulai tahun depan. Kita membantu kelestarian lingkungan, karena mobil Corolla Cross Hybrid ini sangat hemat bahan bakar. Tidak berpolusi dan sangat ramah lingkungan,” sambung dia.

Corolla Cross diproduksi di Indonesia

Toyota Corolla Cross akan diproduksi di Indonesia (Foto: TAM)

Tanggapan TAM Soal Toyota Corolla Cross Diproduksi di Indonesia

Penasaran dengan ungkapan Sandiaga Uno terkait Toyota Corolla Cross akan diproduksi di Indonesia, Carmudi coba mengonfirmasi secara langsung kepada Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). Namun dirinya menolak untuk berkomentar.

“Saya enggak bisa komentar untuk future product. Yang pasti tahun depan Toyota sudah punya rencana produksi mobil elektrifikasi di Indonesia,” jawabnya kepada Carmudi melalui pesan singkat.

Corolla Cross diproduksi di Indonesia

Toyota Corolla Cross adalah varian keempat dalam keluarga Corolla (Foto: TAM)

Seperti diketahui akhir tahun lalu, Toyota mengungkapkan keseriusaannya memasuki era elektrifikasi. Salah satunya dengan mempersiapkan fasilitas produksi di pabrik supaya dapat membuat mobil hybrid.

Rencananya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan memulai produksi mobil hybrid secara lokal pada 2022.

Saat ini pihaknya tengah mempertimbangkan apakah mobil hybird yang diproduksi nanti benar-benar model baru atau model yang sebelumnya sudah beredar di masyarakat.

“Pada 2022 kami akan mulai memproduksi model-model hybrid. Ada dua alternatif, kami membuat mobil model baru atau kami meng-hybrid-kan model yang sudah ada,” ungkap Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Desember 2020.

Diskon PPnBM Mobil 2.500 Cc

Pabrik Perakitan Mobil Toyota (Foto: TMMIN)

Dirinya pun berharap, dengan adanya mobil hybrid yang diproduksi lokal dapat memberikan kontribusi positif terhadap rencana pemerintah dalam mengurangi emisi karbon 29 persen pada 2030.

“Kami sudah mempersiapkan model-model hybrid dengan harapan ini bisa berkontribusi terhadap penurunan emisi di Indonesia. Ini komitmen dunia ke depan, kalau kita enggak bisa memenuhi target tersebut kita bisa mendapatkan sanksi dari negara-negara di dunia. Makanya kita harus serius,” terang dia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts