Berita

Toyota Corolla Cross Kepergok di Bangkok

Prototipe Toyota Corolla Cross di jalanan Bangkok. (Foto: Motor1)

Bangkok – Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) diprediksi akan semakin berkembang beberapa tahun ini. Toyota sebagai raksasa otomotif dan market leader di beberapa negara pun telah menyiapkan model-model SUV versi penyegaran (facelift) dan baru.

Paling ‘gress’ adalah Toyota Yaris Cross yang resmi diungkap ke permukaan. Nantinya, Yaris Cross ini akan lebih dulu dijual di pasar Jepang kemudian Eropa dengan opsi mesin 1.5L dan 1.5L hybrid.

Tak cukup itu saja, Toyota disinyalir kuat akan menghadirkan SUV terbaru lagi. Baru-baru ini seperti dilansir Motor1, laman Facebook Thai Car Inside memergoki mobil yang diduga kuat adalah prototipe Toyota Corolla Cross.

Awalnya memang agak sulit dipastikan terkait modelnya karena seluruh bodi dibungkus kamuflase hitam. Namun jika melihat dari beberapa elemen seperti kaca spion, tutup tangki bahan bakar, antena sirip hiu, dan garis wiper belakang memang mirip Corolla hatchback dan wagon.

Bahkan garis karakter dari fender belakang bawah ke bumper sangat mirip seperti yang ada pada model wagon-nya.
Kabar kehadiran model baru ini dikuatkan dari terdaftarnya nama Corolla Cross oleh Toyota sebagai merek dagang di Australia dan Eropa pada 2018 silam. Menurut kabar dari berbagai sumber, Corolla Cross akan mulai diproduksi pada September mendatang di Alabama, Amerika Serikat bersama model Mazda.

Nama merek Toyota Corolla Cross telah terdaftar di Australia. (Foto: Performance Drive)

Akan Isi Celah C-HR dan RAV-4

Toyota Corolla Cross akan menggunakan rancang bangun TNGA untuk berhadapan dengan para rivalnya seperti Honda HR-V, Hyundai Tucson, Mazda CX-30, dan Kia Seltos. Selain itu, Corolla Cross juga disinyalir akan mengisi ruang kosong antara C-HR dan RAV4. Secara spesifikasi, Corolla Cross bisa jadi pilihan alternatif yang lebih praktis dan konvensional dari pada C-HR, dan lebih simpel serta terjangkau dari pada RAV-4 di pasar global.

Toyota RAV4. (Foto: Paultan)

Hanya saja, urusan dapur pacu agak sulit diterka. Model hatchback-nya di pasar AS, hanya hadir mesin 2.0L empat silinder bertenaga 169 hp dan torsi 205 Nm. Sedangkan sedan punya pilihan mesin 1.8L empat silinder hybrid bertenaga 121 hp dan torsi 143 Nm serta mesin 2.0L liter empat silinder bertenaga 139 hp dan 170 Nm.

 

Penulis: Dimas

Baca Juga:

Mumpung di Rumah, Yuk Jelajahi Virtual Motorsport Land Honda

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts

/