Home » Berita » Toyota Corolla Cross Punya Fitur Anti Panik Ketika Mau Masuk Tol

Toyota Corolla Cross Punya Fitur Anti Panik Ketika Mau Masuk Tol

Interior Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Jakarta – Menjawab kebutuhan konsumen, Toyota Corolla Cross telah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu membuat pengendara maupun penumpang menjadi nyaman dan tenang. Mobil ini juga sudah dibekali dengan fitur-fitur terkini sesuai kebutuhan konsumen saat ini. Dari semua fitur, ada satu yang bisa dikatakan sangat unik dan mungkin belum pernah ada di mobil lain, yaitu fitur Near Field Communication (NFC).

Fungsi dari fitur NFC sama seperti yang tertanam di smartphone. Fitur ini bisa mengecek saldo e-toll atau uang elektronik (e-money). Bagi Toyota fitur NFC sangat diperlukan oleh pengguna mobil. Sebab saat ini hampir semua gerbang tol tidak lagi melayani pembayaran dengan tunai melainkan lewat uang elektronik.

Berdasarkan tinjauan lapangan, tidak sedikit pengendara mobil terpaksa berhenti di depan pintu gerbang tol karena saldo di dalam e-toll kurang atau habis.

Berkaca dari kasus tersebut Toyota menyematkan fitur NFC di head unit untuk mempermudah pengemudi melakukan pengecekan saldo e-toll. Sehingga bisa dengan mudah mendeteksi apakah saldo masih mencukupi atau kurang. Jadi ketika ingin masuk tol tidak perlu panik atau khawatir kekurangan saldo.

“Jadi masalah e-toll ini memang cukup unik. Ini spesifikasi khusus untuk pasar Indonesia. Fungsi ini tidak perlu menggunakan akses internet karena kita hanya menggunakan akses koneksi tinggal di tempel kartunya di head unit ada menunya disitu. Begitu ditempel langsung keluar informasi saldo dari kartu. Jadi kapan pun itu kita bisa cek saldo. Jadi ini saya rasa unik juga ya,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, Kamis (6/8/2020).

Sayangnya fitur satu ini hanya bisa digunakan mengecek saldo saja. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya Toyota akan mengembangkan fitur baru lagi yang tidak hanya difungsikan sebagai cek saldo tapi juga bisa melakukan pengisian.

“Memang saat ini fungsi fitur hanya cek saldo e-toll, belum berfungsi untuk transaksi ya. Mungkin kedepannya bisa kami pelajari,” terang Anton.

Saat ini hanya satu kartu bank saja yang dapat baca oleh fitur baru itu. “Yang paling banyak digunakan konsumen itu Mandiri e-toll. Tetapi tak menutup kemungkinan bisa membaca saldo dari kartu bank lain juga. Jadi bukan berarti eksklusif,” sambung Anton.

Toyota Corolla Cross adalah varian keempat dalam keluarga Corolla (Foto: TAM)

Target Konsumen

TAM menawarkan Toyota Corolla Cross dalam dua pilihan. Corolla Cross tipe 1.8 A/T dibanderol Rp457,8 juta sedangkan tipe 1.8 Hybrid A/T dijual Rp497,8 juta (OTR Jakarta). Dengan harga di bawah Rp500 juta TAM menargetkan pembeli Toyota Corolla Cross adalah kaum muda, dan sudah berkeluarga dengan jarak usia sekiar 35 tahun sampai 40 tahun keatas.

“Jadi konsumen yang sudah bekerja punya pengalaman dan menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari dan bersama keluarga. Walaupun hanya punya 5 bangku tapi spacenya cukup luas dan masih bisa meletakkan barang belanjaan. Selain itu orang-orang yang sudah mapan, modern dan pastinya agrsesif. Dan tentunya membutuhkan mobil yang seperti ini. Kami tidak hanya menyediakan mobil bermesin bensin biasa tapi juga kendaraan elektrifikasi,” pungkas dia.

SUV high compact yang dibawa utuh atau CBU dari Thailand ini menawarkan beragam keunggulan untuk pelanggan SUV perkotaan. Dengan teknologi canggih serta desain elegan, tentunya dapat memberikan sensasi mengemudi yang fun, nyaman, dan fungsional.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Infrastruktur Jalan Belum Membaik, Jadi Alasan Mobil SUV Semakin Laris
Next post
Indomobil Grup Kuasai Kepemilikan Saham Mayoritas Nissan Indonesia