Home » Berita » Toyota Dikabarkan Sedang Bangun GR C-HR Pakai Mesin Yaris

Toyota Dikabarkan Sedang Bangun GR C-HR Pakai Mesin Yaris

Toyota C-HR (Foto: Carscoops)

Paris – Di luar Jepang, Toyota memiliki jajaran mobil dengan aura sporty yang amat kental. Umumnya produk tersebut diberi kode GR. GR sendiri merupakan inisial dari divisi motorsport Toyota bernama Gazoo Racing. Seperti diketahui, divisi ini fokus pada pengembangan mobil balap sejak 2015 lalu. Berbekal keahlian tim motorsport Toyota, kini pabrikan mobil asal Jepang itu memiliki dua model sport, seperti GR Yaris dan GR Supra.

Tak berhenti sampai di dua model itu saja, rencananya akan ada beberapa jajaran model Toyota GR lagi yang siap diperkenalkan ke publik. Sebelumnya, beredar kabar bahwa Toyota GT 86 akan ditambahkan ke jajaran model Toyota GR, mungkin namanya diganti menjadi GR 86. Selain itu, Toyota Corolla juga diperkirakan bakal mendapat sentuhan dari Toyota GR. Tidak cukup sampai di situ, baru-baru ini sebuah rumor pun muncul tentang C-HR yang juga akan bergabung ke dalam keluarga sporty tersebut.

Sebagaimana diberitakan AutoExpress yang dikutip ulang oleh Carscoops, kemungkinan Toyota GR C-HR akan mulai menampakkan diri sebelum 2023. Toyota masih mempertahankan penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) di GR C-HR. Sedangkan sektor kaki-kaki di-upgrade dengan menggunakan suspensi multi-link dengan peredam baru. Di sektor pengereman pun mendapat rem besar untuk memberikan daya henti yang kuat.

Toyota GR C-HR dikabarkan menggendong mesin tiga silinder silinder 1.6 liter turbocharged. Mesin yang sama seperti dipakai GR Yaris. Seorang sumber dari TGR mengatakan bahwa mesin dapat digunakan dengan model lain.

Di Toyota GR Yaris, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal 257 hp dan torsi puncak 360 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan dan menggunakan sistem penggerak empat roda. Di atas kertas, Toyota GR Yaris mampu melaju dari posisi diam sampai 100 kilometer per jam dalam 5,5 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi yaitu 230 km/jam.

Semakin Banyak Pesaing

Toyota C-HR (Foto: Carscoops)

Jika benar Toyota GR C-HR positif masuk jalur produksi maka semakin menambah ramai sport utility vehicle (SUV) dengan balutan sporty yang sangat kental.

Keputusan Toyota untuk membangun SUV bernuansa sport dan berkinerja tinggi tidak diragukan lagi. Tapi, model SUV seperti itu akan memberi Toyota Gazoo Racing pijakan penting di pasar SUV yang kian ramai.

Volkswagen baru-baru ini meluncurkan T-Roc R. Mobil ini dibekali mesin 2.000 cc TSI Turbo-four yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 295 hp dan torsi 400 Nm. Hyundai pun tidak mau ketinggalan, divisi N yang fokus untuk pengembangan mobil sport Hyundai sedang menyiapkan SUV Kona. Ford juga demikian, pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini sedang menyiapkan Puma ST terbaru.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Daftar Mobil Terbaik di Dunia, Mobil Amerika Tidak Masuk

Previous post
Duet MINI Clubman dan Countryman Versi JCW Meluncur, Tenaganya Makin Gila
Next post
Penjualan MINI di Indonesia Naik Drastis Sepanjang 2019

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *