Berita Sumber informasi

Toyota Eco Youth Ke-11 Resmi Dibuka: Menanti Gebrakan Berikutnya Generasi Muda

toyota eco youth

Toyota Eco Youth Ke-11 Dibuka di Kota Bandung (Foto: Carmudi)

Penulis: Yongki Sanjaya

Bandung – Toyota Indonesia kembali menggulirkan kegiatan bertajuk Toyota Eco Youth (TEY). Aktivitas CSR di bidang pendidikan dan pengembangan SDM ini melibatkan siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di seluruh Indonesia.

Kegiatan TEY tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-11 dan dibuka di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung. Peserta TEY akan berkompetisi melahirkan ide-ide inovasi kreatif dalam bidang pemberdayaan lingkungan.

Para siswa setingkat SMA ini akan menciptakan suatu karya teknologi yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini wujud upaya kami memberikan sumbangsih pada pelestarian lingkungan. Kami berharap pelaksanaan sosialisasi program TEY ke-11 ini dapat menginspirasi generasi muda, menghadirkan inovasi-inovasi untuk menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan,” ujar Direktur Administration, Corporate & External Affairs PT TMMIN Bob Azam, Kamis (5/4).

Program TEY pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005. Saat itu jumlah peserta baru 10 SLTA umum dan kejuruan dari kawasan Jakarta dan sekitarnya. Toyota Indonesia secara bertahap memperluas jumlah dan asal daerah peserta.

Sampai dengan penyelenggaraan TEY ke-10 lalu, jumlah SMA dan SMK yang menjadi peserta mencapai 539 sekolah. Jumlah total proposal proyek lingkungan hidup dari siswa yang ikut TEY ke-10 mencapai 2.534 proposal. Toyota berharap proposal yang masuk di tahun ini mencapai 3.000 proposal.

Toyota Indonesia mengundang partisipasi Dewan Juri yang terdiri dari Perwakilan Fakultas MIPA Universitas Indonesia dan Wakil Presiden Direktur Conservation International Indonesia (CI), Prof. Jatna Supriatna PhD, kemudian Yoris Sebastian selaku Social Media Expert & Millenials Movement Expert dan perwakilan dari National Geographic Indonesia, Didi Kaspi Kasim.

“Kami harap proposal proyek yang dilombakan mampu memecahkan problem di lingkungan sekitar peserta tinggal. Proyek mereka dapat memberikan efek sosial, serta menjadi ‘income generating activity’,” tambah Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Edward Otto Kanter.

Konsep Toyota Eco Youth Ke-11

TEY tahun ini mengangkat tema ‘Eco Sociopreuneur’ yang mendorong partisipasi masyarakat sekitar dalam pelaksanaan program lingkungan. Adapun cakupan proyek TEY ke-11 akan melibatkan internal sekolah, lingkungan sekitar, hingga universitas.

Definisi Eco Sociopreuneur merupakan proyek berkelanjutan melalui kegiatan berbasis lingkungan yang menghasilkan dana untuk membiayai jalannya operasional proyek secara mandiri.

“Tema ‘Eco Sociopreuneur’ mendorong generasi muda berkreasi menciptakan proyek lingkungan yang bermanfaat positif bagi alam. Karya mereka juga memiliki nilai ekonomi untuk penduduk di sekitarnya,” ujar Darmawan Widjaja, Direktur PT Toyota-Astra Motor Darmawan. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts