Berita

Toyota Gazoo Racing Bakal Rilis Spare Part Land Cruiser Seri 40

Jakarta – Kabar gembira bagi para pemilik Land Cruiser Seri 40 karena Toyota Gazoo Racing dikabarkan akan membuat kembali dan menjual spare part mobil tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk selebrasi 70 tahun eksistensi Land Cruiser yang tepatnya jatuh pada 1 Agustus 2021 kemarin.

Spare Part Land Cruiser Seri 40

(Foto: Toyota Motor Corporation)

Dikutip dari keterangan pers Toyota Motor Corporation (Jepang), Senin (2/8/2021), spare part yang akan diproduksi adalah suku cadang untuk Toyota Land Cruiser Seri 40 buatan tahun 1960-1984. Suku cadang ini akan masuk dalam kategori “heritage spare part”.

Sasarannya adalah spare part yang menunjang fungsi-fungsi dasar kendaraan. Seperti mesin, driveline, dan sistem pembuangan. Walau begitu, belum disebutkan secara pasti nama-nama suku cadangnya.

Faktanya Toyota tengah melakukan survei kepada pemilik mobil jenis ini untuk menentukan spare part yang akan dibuat. Konsumen yang berminat mengikuti jajak pendapat bisa mengisi formulir di halaman situs web Toyota Jepang atau tautan berikut ini.

Selebihnya konsumen masih harus bersabar sebab program ini baru dalam tahap persiapan. Menurut jadwal peluncurannya sendiri akan dilakukan pada awal 2022 mendatang.

Toyota Land Cruiser Seri 40

(Foto: Toyota Motor Corporation)

Untuk diketahui, ini bukanlah pertama kalinya Gazoo Racing membuat kembali spare part mobil-mobil Toyota lawas yang sudah disuntik mati. Sebelumnya, Toyota Supra A70, A80, dan 2000GT juga mendapat program yang sama.

Sejarah Toyota Land Cruiser

Dalam proyek ini Toyota Gazoo Racing disebut akan menjalin kolaborasi khusus dengan para pemasok bahan baku.

Adapun tujuan utama proyek ini agar para pemilik bisa tetap mengendarai Land Cruiser lawas yang telah menjadi mobil kesayangan mereka.

Toyota menyadari Land Cruiser merupakan salah mobil legendaris yang memiliki banyak penggemar. Karenanya, permintaan spare part Land Cruiser bahkan untuk model yang sudah stop produksi pun tergolong tinggi.

Pertama kali hadir pada 1960, Land Cruiser Seri 40 mengambil banyak peran sepanjang kiprahnya. Mulai dari kendaraan sipil, militer, sampai pilihan bagi para pehobi.

Masa produksi Toyota Land Cruiser Seri 40 berakhir pada tahun 1984 kemudian warisannya diteruskan oleh Land Cruiser Seri 70.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts