Berita

Toyota Gelontorkan Triliunan Rupiah Demi Bangun Pabrik Baru

India — Toyota akan melakukan investasi besar untuk membangun pabrik dan menjadi basis produksi komponen mobil listrik di bagian selatan Karnataka, India.

Diberitakan oleh laman Asia Nikeei, Senin (9/5/2022), Toyota Group telah menandatangani perjanjian dengan Toyota Kirloskar Motor dan Toyota Kirloskar Auto Parts.

Dari sumber yang sama, investasi besar ini mencapai 634 juta dolar AS (Rp9 triliun) yang kemudian akan dikelola oleh Toyota Indurtries Engine India.

Rencana besar Toyota ini diharapkan bisa menuju netralitas karbon pada tahun 2060 mendatang.

Toyota investasi pabrik komponen mobil listrik di india

(Foto: Autocar India)

“Rencana besar ini akan segera terealisasi dalam waktu dekat. Kami nantinya juga akan mencari 3.500 tenaga kerja baru,” kata Vikram Gulati, Wakil Kepala Toyota Virloskar dalam pernyataan yang ia berikan di beberapa surat kabar.

Toyota memilih India lantaran negara tersebut memiliki rencana yang sama dalam mendorong investasi dan lokasinya dianggap strategis di mana dekat dengan negara-negara Asia lainnya. Adapun sebelumnya Toyota sempat mempertimbangkan Amerika Serikat dan China sebagai lokasi investasi ini.

India sendiri saat ini belum memperjualbelikan kendaraan listrik dalam jumlah besar karena harga mobil listrik di negara tersebut masih dinilai cukup mahal bagi mayoritas masyarakatnya.

pabrik baru toyota

(Foto: Wallpaper Cave)

Dengan investasi ini, selain menyerap tenaga kerja lokal, India diprediksi akan meraup pendapatan hingga sekira 20 miliar dolar AS pada tahun 2026.

India sendiri saat ini tengah menargetkan untuk bisa menjual kendaraan listrik hingga 53% pada 2040 mendatang. Langkah besar Toyota ini diharapkan bisa membuat pasar kendaraan listrik yang ada di Asia semakin meningkat, terutama menjadi suplai komponen kendaraan listrik.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts