Berita

Toyota GR Corolla Diprediksi Meluncur Pertengahan 2022

Tokyo – GR Yaris laris manis di berbagai negara, kini giliran Toyota fokus untuk mengarap GR Corolla. Model beraroma sporty ini akan bergabung dalam keluarga Gazoo Racing (GR) yang telah lebih dahulu dihuni oleh Yaris.

Diberitakan Best Car Web, Selasa (4/5/2021), Toyota GR Corolla akan tersedia dalam dua bentuk tubuh, yaitu hatchback dan touring. Diperkirakan waktu peluncuran GR Corolla pada pertengahan 2022.

Toyota GR Corolla

Toyota GR Corolla (Foto: Paultan)

Menurut rumor yang beredar, nantinya GR Corolla akan menggendong mesin yang sama seperti GR Yaris. Di mana mobil tiga pintu itu telah dibekali mesin G16E-GTS 1.6 liter turbocharged tiga silinder bertenaga 268 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 370 Nm dari 3.000 hingga 4.600 rpm.

Mesin akan dikawainkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Menariknya, GR Corolla juga memiliki sistem pengerak empat roda yang mampu mengirimkan torsi hingga 70% ke roda belakang.

Beda dari saudara kecilnya, GR Corolla akan memiliki lima pintu

Selain itu, mobil baru Toyota ini mendapatkan beberapa ubahan baik di sektor eksterior maupun interiornya sebagai pembeda dari Corolla standar.

Melalui ubahan tersebut juga membuat bodi mobil terkesan menjadi lebih lebar dan sedikit lebih rendah mengikuti ciri khas mobil balap pada umumnya.

Sementara versi Touring akan mendapat perlakuan yang sama termasuk soal performa.

Toyota GR Yaris Laku Keras

Toyota GR Corolla

Toyota GR Corolla meluncur pertengahan 2022 (Foto: Paultan)

Toyota GR Yaris melakukan debut global pada awal 2020. Hatchback ini diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya 25 ribu unit saja untuk disebar ke berbagai negara.

Antusias konsumen terhadap GR Yaris sangat tinggi, meski dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Indonesia menjadi salah satu negara paling beruntung di dunia karena mendapat alokasi GR Yaris sebanyak 162 unit. Itu pun sudah habis dipesan oleh konsumen, padahal belum resmi diluncurkan.

“Hari ini, kami akan tutup proses pemesanannya, karena memang jujur sudah ada lebih dari 470 konsumen yang pesan Toyota GR Yaris. Ini memang jauh lebih tinggi dari alokasi yang kami dapat,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). dalam konferensi pers virtual, akhir bulan lalu.

Toyota GR Yaris ludes

Toyota GR Yaris ludes dipesan hanya dalam 24 jam di Meksiko (Foto: Pultan)

Sementara terkait harga Toyota GR Yaris, TAM masih menyimpannya rapat-rapat. Hanya saja Anton mengungkapkan harganya sedikit lebih terjangkau ketimbang model serupa yang dipasarkan di luar negeri.

“Mudah-mudahan tidak banyak perubahan, harganya antara Rp750 sampai Rp850 juta. Jadi target kami dijual di Indonesia harga yang lebih kompetitif. Harga di negara lain di atas Rp1 miliar,” terang Anton.

Tak cuma Indonesia, Toyota GR Yaris juga dipasarkan di Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Meksiko, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *