Mobil

Toyota GR Sport: Nikmati Sensasi Berkendara dengan Sporty Feeling yang Kuat

Jakarta — Dari balap reli sampai ketahanan, dari adu cepat sampai adu kuat, TOYOTA GAZOO Racing (GR) sukses meraih supremasi sebagai brand motorsport yang sangat disegani.

Dan saat ini pengalaman yang didapat dari ganasnya kompetisi bisa Anda nikmati pada mobil sehari-hari.

Yaris ITCR Seri 3

Penampilan Toyota Yaris dengan livery TOYOTA GAZOO Racing di ITCR Seri 3. (Foto: Toyota)

Arena kompetisi balap dapat dikatakan sebagai “laboratorium” terbaik bagi pabrikan untuk mengembangkan produknya.

Ketatnya persaingan hingga kondisi medan jalan yang beragam memberi pelajaran sekaligus inspirasi bagi para insinyur untuk membuat mobil yang jauh lebih baik lagi.

Sedikit melihat sejarah, TOYOTA GAZOO Racing resmi berdiri 2015, tapi jauh sebelum itu langkahnya sudah dimulai sejak 2007.

Tepatnya ketika para insinyur Toyota bergabung dengan tim balap bernama GAZOO Racing untuk bertanding di Nurburgring 24 Hours.

Hadir Sebagai Brand Motorsport di Indonesia

Pengalaman berharga dari kompetisi balap akhirnya diimplementasikan pada mobil yang dijual umum. Untuk pasar Indonesia, saat ini tercatat ada delapan model yang mendapat sentuhan TOYOTA GAZOO Racing.

Toyota GR Yaris (8)

(Foto: Carmudi)

GR Yaris dapat dikatakan sebagai model yang sangat menarik perhatian. Hot hatch ini dikembangkan dengan metode reverse engineering. 

Artinya, mobil dibuat dengan spesifikasi balap (WRC), tapi kemudian dijual untuk umum. Padahal sebelumnya metode yang banyak digunakan justru sebaliknya.

Mencoba Slalom Toyota GR Yaris

GR Yaris dibekali sumber tenaga mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS yang bisa menghasilkan tenaga 261 PS dan torsi puncak 360 Nm.

Angka tersebut sangat besar bahkan jika dibandingkan dengan output mesin-mesin di atasnya.

Namanya juga mobil reli, maka sistem penggerak yang digunakan adalah full time 4WD yang mengusung kode GR-FOUR.

Di samping itu, sports car lain yang juga mendapat racikan TOYOTA GAZOO Racing ialah mobil sport legendaris GR Supra.

Review Toyota GR Yaris

Mobil dengan Sporty Feeling Kuat

Tidak berhenti sampai di situ saja, namun langkah pabrikan dalam menerapkan gen balap TOYOTA GAZOO Racing dicurahkan pada model-model produksi massal.

Sebagai brand motorsport, TOYOTA GAZOO Racing bukan hanya bicara performa kencang. Namun juga mobil-mobil yang memiliki sporty feeling kuat.

Hal tersebut dapat ditemui pada enam model mobil Toyota yang sudah dikenal luas, seperti halnya Raize GR Sport, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Agya GR Sport, Yaris GR Sport, dan Veloz GR Limited Edition.

Raize GR Sport sempat menyedot perhatian lebih ketika pertama kali diperkenalkan pada April lalu. Berawal dari sebuah model yang diperkenalkan di Jepang, mobil ini punya wujud “JDM banget”.

Pemesanan Toyota Raize

Pemesanan Toyota Raize tembus 1.000 unit (Foto: Carmudi)

Tapi yang lebih penting lagi ialah Raize GR Sport dilengkapi serangkaian teknologi keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

Keberadaan fitur-fitur canggih, seperti halnya Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure, Rear Cross Traffic Alert, hingga Pedal Misoperation Control dapat dikatakan pionir untuk mobil di bawah Rp300 juta.

Spesifikasi Toyota Raize

Kemudian untuk model lain ada mendapat tambahan fitur. Contohnya Rush GR Sport yang dilengkapi dengan Idling Start Stop (ISS) atau Fortuner GR Sport dengan tambahan Adaptable Auto A/C with Dual Zone.

Selebihnya, model-model seperti Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited Edition dibekali peningkatan komponen eksterior serta interior yang tentunya turut memperkental sporty feeling menjadi makin kuat. (ADV)

Dapatkan informasi lebih lengkap tentang produk mobil Toyota dengan mengunjungi https://www.toyota.astra.co.id/ 

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/