Berita

Toyota GR Yaris Siap Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp1 Miliar

Jakarta – Toyota GR Yaris meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Hatchback yang kental dengan aroma sporty ini sudah terendus sejak terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, yang terbit awal tahun.

“Sebagai wujud apresasi, kami akan segera menghadirkan Toyota GR Yaris untuk masyarakat Indonesia dalam waktu dekat,” ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, dalam keterangan resminya, Selasa (23/3/2021).

Toyota GR Yaris meluncur

Toyota GR Yaris segera meluncur di Indonesia dengan harga di bawah Rp1 miliar (Foto: TAM)

Toyota GR Yaris akan dipasarkan ke konsumen di Indonesia dalam jumlah terbatas hanya 126 unit saja. Sebab, Toyota hanya memproduksi Yaris versi ‘Hot Hatch’ ini sebanyak 25 ribu unit untuk disebar ke sejumlah negara.

Kendati belum meluncur secara resmi di Indonesia, tapi keran pemesanan Toyota GR Yaris akan dibuka pada 25 Maret 2021.

Apabila konsumen tertarik memilki GR Yaris, maka harus siap merogoh kocek yang tidak sedikit sebagai booking fee atau uang tanda jadi.

Sejauh ini harga Toyota GR Yaris belum diumumkan oleh TAM. Tetapi Anton memastikan harganya akan jauh lebih terjangkau ketimbang GR Yaris yang dijual di negara lain.

“Mudah-mudahan tidak banyak perubahan, antara Rp750 sampai Rp850 juta. Jadi target kami dijual di Indonesia harga yang lebih kompetitif. Harga di negara lain di atas Rp1 miliar,” terang Anton.

Toyota GR Yaris meluncur

Toyota GR Yaris meluncur dalam waktu dekat di Indonesia (Foto: Carexpert)

Mobil tiga pintu ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS dengan tenaga sebesar 261 ps atau setara 259 hp dan torsi puncak 360 Nm. Tenaga disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6 percepatan.

Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

GR Yaris dikembangkan langsung oleh Toyota Gazoo Racing bekerjasama dengan pengemudi profesional di seluruh dunia. Termasuk Akio Toyoda selaku Toyota Master Driver.

“GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pada pabrik Toyota di Motomachi. Proses perakitan GR Yaris pun langsung dilakukan oleh anggota tim takumi. GR Yaris adalah sebuah pure sport model yang memiliki built quality yang baik dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan,” kata Marketing Director PT TAM, Fumitaka Kawashima.

Fokus pengembangan GR Yaris tidak hanya di bagian mesinnya saja, tapi juga pada aerodinamika dengan tujuan untuk meminimalisir hambatan udara ketika sedang melaju.

Toyota GR Yaris meluncur

Belum resmi meluncur di Indonesia, pemesanan Toyota GR Yaris sudah dibuka (Foto: Toyota)

Bobot kendaraan juga dibuat seringan mungkin, dengan menyematkan bahan carbon fiber reinforced polymer di bagian atap.

GR Yaris punya dimensi lebih panjang 55 mm (3.995 mm) dari Yaris model lima pintu. Begitu juga dengan lebarnya sekira 60 mm (1.805 mm) dan lebih rendah 45 mm (1.455 mm) dari Yaris model biasa.

Baca Juga

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts