Mobil

Toyota Great Corolla 1995, Begini Cara Memilih Unit Bekasnya

Toyota Great Corolla, terutama produksi 1995 alias edisi tahun terakhir, kerap dicari para pemburu mobil bekas untuk harian atau hobi.

Mungkin banyak Carmudian yang bertanya, mengapa orang mencari Toyota Great Corolla 1995, ya?

Toyota Great Corolla sendiri merupakan salah satu sedan yang diproduksi sejak 1991 sampai 1995. Beberapa tahun belakangan, mobil sedan ini kerap dicari oleh para penggemar mobil jadul.

Alasannya untuk bernostalgia di era 1990-an ketika mobil ini masih baru. Mobil yang punya sebutan ‘Greco’ ini juga termasuk ke dalam mobil yang punya desain timeless alias enggak luntur oleh waktu.

toyota great corolla 1995

Toyota Great Corolla sekarang sudah termasuk ke dalam mobil hobi. Secara tidak langsung, harga bekasnya juga sangat bergantung dari kondisi dari mobil yang ditawarkan.

Carmudian yang mau membeli Greco, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum benar-benar membeli.

Gregy Hardianto dari Garasi Online, selaku pria yang berprofesi sebagai penjual mobil bekas ini pun membeberkan beberapa hal yang wajib diketahui seputar Greco.

Kelebihan Toyota Great Corolla 1995

Menurutnya, Greco masih dicari banyak orang lantaran mobil sedan satu ini memiliki perawatan yang sangat mudah dan murah. Selain itu, ketersediaan sparepart-nya juga terbilang sangat mudah dijumpai.

toyota great corolla 1995

(Foto: Auto 2000)

“Kalau mau Toyota Great Corolla ini lebih baik cari yang tahun 1995 atau yang produksi akhir. Kenapa? Karena yang produksi tahun akhir itu sudah banyak perubahan dan perbaikan dibanding generasi sebelumnya,” ujarnya kepada kami.

Lantas, apa saja kelebihan dari Toyota Great Corolla?

  • Handling lincah dan nyaman
  • Model tidak termakan zaman
  • Spare part mudah dicari
  • Harga spare part murah
  • Mudah dimodifikasi
  • Banyak opsi komponen Japan Domestic Market (JDM), European Domesti Market (EUDM), hingga United States Domestic Market (USDM)
  • Harga lebih tinggi dibanding Toyota All New Corolla yang menjadi generasi penerusnya
  • Tersedia pilihan spare part asli dan KW

Beberapa kelebihan di atas merupakan benefit yang bisa didapatkan oleh Carmudian yang ingin membeli Greco menurut Gregy. Pria yang saat ini menjalani bisnis jual-beli mobil bekas mengatakan jika saat ini Greco juga menjadi salah satu mobil yang kerap dicari.

“Kalau dibilang banyak dicari ya lumayan, tapi memang nggak terlalu banyak banget. Yang cari ada, walaupun nggak se-booming Starlet seperti sekarang ini ya,” sambungnya.

Spesifikasi Toyota Great Corolla

Dimensi Kompak

Buat Carmudian yang suka dengan mobil kompak, Toyota Great Corolla bisa jadi alternatifnya. Dimensinya pun terbilang lumayan sedang untuk ukuran sedan.

toyota great corolla 1995

Toyota Great Corolla

Panjangnya 4.270 mm, lebar 1.685 mm, dan tinggi 1.380 mm. Ukurannya sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Honda Civic Genio.

Menurut beberapa sumber, desain dari Toyota Great Corolla ini terinspirasi dari sosok sedan besar Toyota Aristo. Sehingga tarikan desainnya pun secara tidak langsung memang mirip dengan Aristo.

Mesin Bandel

Di Indonesia Great Corolla ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama memakai mesin dengan kode 2E berkapasitas 1.300 cc, 4 silinder yang juga dipakai oleh generasi Toyota Starlet.

Tenaga dari mesin ini mencapai 82 hp dengan torsi maksimum 98 Nm. Sedangkan yang kedua memakai mesin berkode 4A-FE dengan kapasitas 1.600 cc, 4 silinder, DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 115 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum di angka 147 Nm @4.700 rpm.

greco 1995

Tenaga tersebut disalurkan menggunakan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis ke penggerak roda belakang. Harus diakui, versi dengan transmisi otomatis memang lebih sedikit jumlahnya dan saat ini menjadi buruan.

Bagi mereka yang sudah pernah menggunakan Toyota Great Corolla, harus diakui jika performa mesinnya sangat bandel. Bandel dalam artian mesinnya tak membutuhkan perhatian lebih.

“Kasarnya sih dirawat (mesinnya) ya enak, enggak dirawat pun ya mesin ini juga bisa jalan. Kalau soal mesin buat orang awam sih rasanya enggak perlu khawatir lah, banyak bengkel yang bisa pegang karena teknologinya juga masih jadul kan,” beber Gregy.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Great Corolla

Bagi Carmudian yang ingin membeli, Gregy memiliki beberapa tips yang bisa digunakan untuk menentukan Greco tersebut masih bagus atau tidak.

Ketika memeriksa mesin, jangan lupa mengecek bagian Delco. Delco pada Great Corolla jadi salah satu komponen yang berpengaruh terhadap langsam mobil ketika menyala.

“Usahakan bagian delco-nya ini harus orisinil. Kalau delco enggak ori, pengapian jadi enggak sempurna, mobil jadi ‘ngadet-ngadet’ kalau dipakai,” kata pria berkacamata ini.

Selain itu bagian pendinginan mesin atau radiator juga wajib diperiksa ketika hendak membeli Greco.

“Radiator umumnya sih banyak yang kondisinya sudah enggak bagus karena umur. Cek saja ada kebocoran atau tidak di radiatornya. Kalaupun harus ganti komponennya masih bisa ditemui dengan mudah,” jelas Gregy.

Berikut ini beberapa hal yang wajib menjadi perhatian khusus sebelum membeli Toyota Great Corolla 1995 menurut Gregy.

  • Interior wajib orisinil belum diganti
  • Perhatikan karat di bagian mesin, dek, dan engsel pintu
  • Delco usahakan masih orisinil
  • Perhatikan kebocoran pada radiator
  • Spion retract mudah rusak, terutama produksi 1992-1993
  • Seal power steering cek apakah ada rembesan
  • Engine mounting banyak yang sudah jelek harus diganti
  • Perhatikan aksesoris eksterior dan interior dan usahakan masih lengkap
  • Pastikan nomor mesin dan nomor rangka sesuai dengan BPKB dan STNK

Kisaran Harga Bekas Toyota Great Corolla 1995

Ada sebab ada akibat, banyak yang membeli membuat harganya menjadi tinggi. Buat Carmudian yang sedang mencari, pastikan dapat menyiapkan dana sekitar Rp40—80 jutaan tergantung kondisi. Menurut Gregy, warna tidak berpengaruh kepada harga, melainkan jenis transmisi.

“Kalau sekarang itu justru yang dicari yang transmisinya matic. Padahal dulu yang matic itu malah nggak disukai makanya populasinya sedikit. Nah, sekarang yang matic lumayan dicari-cari orang,” tutupnya.

Interior Great Corolla

(Foto: Carmudi)

Jika boleh memberikan saran, Anda lebih baik mencari warna-warna yang jarang disukai oleh orang. Misalnya seperti biru, hijau, atau putih yang menurut beberapa sumber menjadi warna yang cukup langka di Indonesia.

Jika memang ingin membeli untuk berinvestasi, sebaiknya pilih yang transmisi bawaannya otomatis. Sebab dari populasinya sendiri Toyota Great Corolla lansiran 1995 bertransmisi otomatis memang lebih sulit ditemui dibanding versi manualnya.

Tertarik berburu Greco dengan transmisi manual atau otomatis? Yang jelas memelihara mobil ini benar-benar menyenangkan karena harga sparepart yang sangat murah.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts