Berita

Toyota Indonesia Berkomitmen Hadirkan Mobility Happiness for All

Toyota dan Lexus 2020

Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Jakarta – Tahun ini Toyota Indonesia berusia 50 Tahun. Sejak hadir pertama kali sampai sekarang, Toyota terus berkembang menjadi sebuah perusahaan mobilitas yang senantiasa menghadirkan beragam pilihan produk dengan sederet teknologi.

Perkembangan Toyota tak lepas dari peran serta masyarakat Indonesia yang terus memberikan dukungan serta masukan terhadap setiap produk yang dihadirkan.

Mengusung semangat untuk menghadirkan Mobility Happines for All, Toyota berkomitmen untuk memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat di masa kini dan masa depan. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan tren yang sedang berkembang.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Toyota untuk dapat menjadi bagian dari mobilitas masyarakat Indonesia selama 50 tahun. Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan sehingga kami dapat bertumbuh kembang bersama seiring berjalanannya waktu,” ungkap Susumu Matsuda, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam keterangan resminya, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga:

Lahirnya Toyota Indonesia bermula dari upaya memenuhi kebutuhan sarana tranportasi masyarakat pada era 1970-an.

Toyota terus berkembang hingga mampu menambah perannya dengan melokalisasi proses produksi dan terus meningkatkan kandungan lokal.

Didukung dengan lima pabrik manufaktur mobil dan mesin, kini Toyota Indonesia berhasil dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik. Sehingga dapat mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

Peluncuran Toyota New Hilux (Foto: TAM)

“Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari Pemerintah Indonesia, Toyota dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global. Ke depan, kami berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia,” ujar Warih Andang Tjahjono, President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, (TMMIN).

“Selain itu, akan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu, termasuk produk berteknologi tinggi yang berbasis elektrifikasi,” sambungnya.

Kendaraan Berteknologi Elektrifikasi

Tidak cuma fokus pada mobil bermesin konvensional saja, Toyota ingin menjawab tantangan industri otomotif ke depan dengan mengembangkan kendaraan berbasis elektrifikasi.

Sejak 2009, TAM telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Hingga kini, ada 10 jajaran kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).

Kehadiran jajaran kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota sebagai perusahaan yang pertama kali mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan. Sekaligus menjadi market leader kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional.

mobil listrik

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur TMMIN (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota Indonesia bersama rantai pasok juga telah bersiap untuk memproduksi model HEV yang ditujukan untuk pasar domestik dan ekspor pada 2022.

“Ke depannya, kami juga berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan beragam layanan solusi mobilitas baru yang untuk mewujudkan Mobility Happiness for All. Tidak hanya dengan terus menghadirkan teknologi elektrfikasi yang lengkap, tapi juga membangun ecosystem untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” tutup Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts