Home » Berita » Toyota ‘Malu-malu’ Ungkap Kehadiran New Fortuner dan Raize di Indonesia

Toyota ‘Malu-malu’ Ungkap Kehadiran New Fortuner dan Raize di Indonesia

Toyota Fortuner Legender (Foto: Toyota)

Jakarta – Pasar otomotif khususnya di Asia Tenggara beberapa hari lalu tengah diramaikan oleh kehadiran New Fortuner. Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru andalan Toyota itu tampil perdana di Thailand setelah hampir lima tahun tidak mengalami penyegaran. Tak cuma Fortuner baru, yang juga membuat heboh yaitu hadirnya Toyota Raize akhir tahun lalu di Jepang.

Toyota Fortuner dan Raize merupakan produk global. Itu artinya tidak hanya dipasarkan di satu negara saja melainkan di banyak negara. Bicara soal Toyota Fortuner terbaru, sudah dapat dipastikan akan masuk Indonesia. Sementara untuk Toyota Raize memang masih menjadi teka teki, kendati saudara terdekatnya yaitu Daihatsu Rocky dapat dipastikan bakal hadir tahun depan di Tanah Air.

Terkait kapan pastinya kedua produk baru tersebut dipasarkan di dalam negeri, sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) masih belum mau mengungkapkannya.

“Saya belum bisa memberikan komentar terlalu banyak mengenai produk baru, apalagi mengenai produk baru yang sudah meluncur lebih dulu di negara lain,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy saat teleconference bersama media, Senin (15/6/2020).

Kendati tidak mau menyebutkan secara gamblang, namun dirinya memastikan bahwa tahun ini mobil baru keluaran Toyota akan tetap datang meski sedikit terganggu karena Covid-19.

“Para konsumen enggak perlu khawatir Toyota dengan ada kondisi Covid ini semua pengembangan, peluncuran, dan juga studi untuk produk baru tetap berjalan. Karena kami yakin tentu saja Covid ini tidak akan berlangsung terus menerus,” terang Anton.

Anton menambahkan kehadiran mobil baru merupakan bagian dari program pemasaran perusahaan. Apalagi di masa pandemi sekarang ini kehadiran produk baru dapat menggairahkan kembali penjualan mobil secara nasional setelah anjlok cukup tajam.

“Untuk menstimulus market tahun ini kami pun sudah menyiapkan produk baru yang akan kami luncurkan. Tapi tunggu tanggal mainnya, produknya seperti apa nanti kami akan informasikan kalau sudah lebih jelas,” tutur Anton.

Toyota Fortuner Terbaru

Toyota Fortuner terbaru meluncur perdana di Thailand pada 4 Juni 2020. Fortuner baru tersedia dalam dua pilihan yaitu tipe standar dan Legender. Keduanya dibedakan berdasarkan aksesori dan fitur yang menempel baik itu di eksterior maupun interiornya.

Fortuner terbaru mendapat paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Ini merupakan kali pertama fitur tersebut disematkan ke mobil yang dibangun dari basis kendaraan pikap atau PPV (pick-up platform vehicle). Adapun perangkat Toyota Safety Sense yang tersemat di Fortuner baru yaitu Pre-Collision System, Dynamic Cruise Control, dan Lane Departure Alert.

Fortuner tipe standar hadir dengan tiga varian yaitu 2.4V AT (transmisi otomatis) dijual dengan harga mulai dari 1,3 juta THB atau sekira Rp591 jutaan, 2.4V AT seharga 1,4 juta THB atau Rp638 jutaan, dan 2.4V AT 4WD dibanderol 1,49 juta THB atau 669 jutaan.

Sedangkan untuk tipe khusus yaitu Fortuner Legender hadir dengan tiga pilihan warna eksterior, seperti Emotional Red Black Top (baru), White Pearl CS Black Top, dan Attitude Black Mica.

Setidaknya ada empat varian pada Fortuner Legender, di antaranya 2.4 Legender AT dengan banderol 1,5 juta THB atau sekira Rp700 juta, 2.4 Legender AT 4WD 1,6 juta THB (RP732 jutaan), 2.8 Legender AT 1,7 juta THB (Rp792 jutaan), dan 2.8 Legender AT 4WD diniagakan dengan harga 1,8 juta THB atau setara Rp824 juta.

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Toyota Raize

Toyota Raize dibangun menggunakan platform terbaru yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Panjang Toyota Raize 3.995 mm, lebar 1.620 mm, tinggi 1.695 mm, serta jarak sumbu roda 2.525 mm. Mobil ini menawarkan kapasitas penyimpanan barang di bagasi belakang 369 liter.

Toyota Raize dilengkapi mesin 1.000 cc dengan turbo. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140,2 Nm pada rentang 2.400-4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi transmisi otomatis D-CVT. Toyota juga tengah mempersiapkan Raize dengan pilihan transmisi manual.

Raize juga sudah dibekali dengan sejumlah fitur keamanan dan keselamatan seperti Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist system, Collision Warning Function and Crash Avoidance Braking Function, dan Erroneous Start Prevention Function dengan braking control.

Previous post
Terbatas, Harga Nissan Livina Sporty Package Lebih Murah dari Xpander Cross
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Next post
Daya Beli Masyarakat Turun, Ini Rapor Penjualan Mobil Daihatsu