Toyota Masih Jadi Merek Otomotif Paling Berharga di Dunia
New York – Lembaga konsultasi merek terkemuka, Interbrand kembali menggumumkan 100 brand internasional terbaik 2018. Memasuki tahun ke 19, ada dua pendatang baru dan dua brand yang kembali masuk dalam jajaran merek terbaik dan berhaga.
Adapun dua pendatang baru adalah Spotify dan Subaru. Sedangkan brand yang berhasil masuk kembali setelah cukup lama tak ada di jajaran 100 merek terbaik adalah Hennessy dan Nintendo.
Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota yang Naik Bulan Ini
“Satu dekade setelah krisis keuangan global, merek-merek yang tumbuh paling cepat adalah mereka yang secara intuitif memahami pelanggan mereka dan membuat gerakan-gerakan ikonik yang berani yang menyenangkan dan memberikan dengan cara-cara baru,” kata Charles Trevail, Chief Executive Officer Global Interbrand dalam keterangan resminya.
Sementara itu bila dikerucutkan ke brand otomotif saja, posisi teratas kembali dihuni oleh Toyota. Pabrikan mobil asal Jepang itu menduduki peringkat ketujuh secara keseluruhan (100 brand), dengan merek Apple, Google, Amazon, Microsoft, Coca Cola, dan Samsung berada di depannya. Dibawah Toyota ada Mercedes-Benz yang mengalami pertumbuhan nilai merek sekitar 2 persen di 2018.
BMW mengalami sedikit penurunan nilai merek sebesar 1 persen dan tidak berubah dari posisi ke-13 secara keseluruhan. Sementara Honda, menduduki posisi ke 20 dengan peningkatan nilai merek 4 persen, Ford di posisi 35 dan Hyundai di urutan 36.
Posisi Nissan, Volkswagen, dan Audi, saling berdekatan satu sama lain dengan menempati posisi ke-40, 41 dan 42. Porsche menduduki posisi ke-52 dari 100 brand terkemuka di dunia. Kia di posisi ke-71 dan Land Rover di angka nomor 78.
Ferrari dinobatkan sebagai perusahaan otomotif paling tinggi pertumbuhan nilai mereknya yaitu 18 persen. Meski begitu pabrikan mobil sport mewah asal Italia itu harus puas berada di posisi ke-80.
Untuk dimasukkan dalam Best Global BrandsInterbrand, perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan, di mana setidaknya 30 persen dari pendapatannya harus berasal dari luar wilayah asalnya. Selain itu, merek harus memiliki kehadiran yang signifikan di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat serta di pasar negara berkembang, serta masih banyak lagi.
Untuk lebih jelasnya berikut 10 merek otomotif terbaik dan paling berharga di dunia:
1. Toyota
2. Mercedes Benz
3. BMW
4. Ford
5. Hyundai
6. Nissan
7. Volkswagen
8. Audi
9. Kia
10. Land Rover