Toyota Masih Percaya Diri Fortuner Mampu Melawan CR-V Turbo dan Pajero Dakar Ultimate

Jakarta – Sudah menjadi tradisi kalau ajang sekelas Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 selalu dimanfaatkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) untuk memperkenalkan produk baru. Begitu juga yang dilakukan dengan Honda Propect Motor selaku APM Honda di Indonesia yang meluncurkan CR-V 1,5 liter turbo dengan tiga baris kursi.
Tak ketinggalan Mitsubishi dengan selesainya pabrik barunya di Cikarang, pabrikan berlogo tiga berlian ini meluncurkan Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate. Varian baru ini telah di lengkapi fitur keamanan yang paling lengkap diantara varian yang telah ada.
Ini merupakan strategi masing-masing APM dalam melihat pasar SUV, namun bukan berarti Toyota yang bisa dikatakan penguasa di segmen ini hanya diam. Kehadiran produk baru di segmen ini dianggapnya memberingan dampak positif, bahkan termasuk juga pada konsumen.
Konsumen akan mempunyai banyak pilihan tergantung selera dan harga yang ditawarkan. Tergantung APM bagaimana melakukan sosialisasi produk baru mereka bahkan kesiapan after sale juga menjadi nilai penting bagi konsumen.
Toyota Lakukan Persiapan Perlawanan
Seperti diketahui Honda dan Mitsubishi telah meluncurkan produk barunya dengan melakukan inovasi teknologi maupun desain. Melihat hal ini Toyota juga mempersiapkan strategi, namun bagaimana menghadapi hal ini?
Menurut Executive General Manager Toyota-Astra Motor F. Soerjopranoto dengan adanya market yang semakin variasi, kompetisi makin sulit. Dalam hal ini setiap pabrikan akan mengeluarkan strategi masing-masing.
“Ini bisa dilihat Honda mengeluarkan CR-V yang 1,5 turbo itu salah satu keunggulan mereka sementara Pajero Sport juga meluncurkan varian baru. Kita punya Fortuner yang pastinya akan keluar strategi yang baru,” kata Soerjopranoto beberapa waktu lalu di IIMS 2017.
Menurutnya dalam persaingan segmen SUV pihaknya sedang menyiapkan sesuatu yang baru, namun saat ini keberadaan Toyota Fortuner masih memimpin di kelasnya. Perkembangan pasar konsumen lebih memilih yang bermesin Diesel (70%) dibandingkan bensin.
Memang benar bila melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) wholesale (dari pabrik ke dealer) Toyota Fortuner dari Januari hingga Maret 2017 mencapai 5.019 unit. Angka ini naik bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dengan 4.954 unit. Sementara Pajero Sport menempati urutan kedua dengan angka wholesales 4.269 unit.
Di luar strategi Toyota, sebagai informasi Pajero Dakar 4×2 Ultimate diharapkan akan membantu penjualan sebesar 200 unit tiap bulan. Sedangkan Honda, menargetkan penjualan menjual CR-V generasi kelima (gabungan 1,5 turbo dan 2,0 liter) sebesar 12 ribu unit tiap tahun. (Dol)