Home » Berita » Toyota Nekad Jual Mobil Hybrid di Indonesia Meski Kurang Laku

Toyota Nekad Jual Mobil Hybrid di Indonesia Meski Kurang Laku

All New Camry Hybrid (Foto: Carmudi)

JakartaMobil berteknologi hybird memang masih terdengar asing di telinga orang Indonesia, maka tak heran penjualan kendaraan hybrid masih jauh tertinggal ketimbang mobil dengan mesin konvensional.

Di Indonesia sendiri hanya sedikit Agen Pemegang Merek (APM) yang memberanikan diri untuk menjual mobil hybrid. Sebut saja Toyota dengan Camry hybird, Alphard Hybrid, dan Prius, ada pula Nissan lewat Xtrail hybrid.

Honda juga juga pernah menjual mobil berteknologi hybrid, yaitu CR-Z. Tapi berhubung pihak prinsipal memutuskan untuk menyuntik mati CR-Z, maka penjualannya di Indonesia berhenti.

Toyota Asta Motor (TAM) menjadi satu-satunya APM di Tanah Air yang paling banyak memasarkan mobil berteknologi hybrid. Dari segi penjualan bisa dikatakan jauh dari kata positif.

Meski penjualan mobil hybrid tidak cermelang tapi tak menciutkan nyali TAM untuk terus memasarkannya. Bahkan pihaknya berencana mendatangkan satu lagi model hybrid ke Indonesia yaitu C-HR hybrid.

“Kami melihat tren ke depan akan mengarah ke kendaran listrik dan pertama pasti akan menjadi penghubung dari hybrid ke listrik. Kami rasa hybrid ada yang low cc, jadi kami harus persiapkan di beberapa lininya, karena begitu momentumnya datang akan cepat banget berkembang,” ujar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, kepada Carmudi, di Jakarta Selasa kemarin (9/1).

Berdasarkan perkiraan angka penjualan yang diketahui oleh Anton, dari semua model hybrid milik Toyota hanya Camry peraih angka penjualan terbaik.

“Alphard Hybrid Masih di jual tapi sedikit sekali bahkan hampir jarang ya penjualannya. Mungkin setahun enggak sampai lima unit lah kira-kira. Kalau kita bandingkan Camry kan bisa jumlahnya 1o persen jadi hampir belasan unit setiap tahun, jadi lebih banyak,” terang Anton.

Membuka 2019, Toyota Luncurkan All New Camry Hybrid

Mengawali 2019 TAM langusg tancap gas dengan mendatangkan All New Camry untuk konsumen premium di Indonesia. Setidaknya ada tiga varian yang ditawarkan oleh TAM satu di antaranya adalah hybrid.

Beda dari model sebelumnya, mobil yang dibekali dengan motor listrik dan mesin konvensional itu tampil lebih advance, dilengkapi moon roof. Engine A25A-FXS yang disandang varian hybrid tergolong salah satu mesin dengan penggunaan bahan bakar terefisien didunia.

All new Camry hybrid juga mendapat audio sistem yang menggunakan AVN 8 inch touchscreen. Lengkap dengan fitur DVD/Radio/USB/AUX/Bluetooth/Miracast dan 9 speaker JBL, Nano-E Air purifer. Serta layar Multi Information Display (MID) 7 inch dan Head Up Display (HUD). Dimana keduanya menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi.

Sistem pendingin menggunakan triple zone AC yang dilengkapi touchscreen control untuk kursi belakang. Pengendalian sistem pendingin bisa dilakukan secara terpisah. Sehingga baik pengemudi, penumpang bagian depan, maupun belakang dapat mengatur suhu sesuai dengan keinginannya. All New Camry Hybrid dibanderol Rp806,6 juta.(dol)

Toyota C-HR
Previous post
Toyota Serius Ingin Datangkan C-HR Hybrid ke Indonesia, Kapan?
Next post
Suzuki Ertiga Baru Makin Bergaya Mewah, Tiru Kijang Innova?