Home » Berita » Sambut Perpres Percepatan Kendaraan Listrik, Toyota Pamer 4 Teknologi Ini

Sambut Perpres Percepatan Kendaraan Listrik, Toyota Pamer 4 Teknologi Ini

Toyota Mirai di IEMS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Menyambut Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Toyota Indonesia memperkenalkan teknologi-teknologi mobil listrik. Semuanya diperlihatkan dalam pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta.

Adapun keempat jenis teknologi mobil listrik yang saat ini dipamerkan Toyota, seperti C-HR Hybrid Electric Vehicle (HEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), i-ROAD Battery Electric Vehicle (BEV), dan Mirai Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV).

“Toyota akan terus berupaya untuk menghadirkan teknologi kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di setiap negara termasuk Indonesia. Tidak hanya itu, kami juga memiliki perhatian yang tinggi untuk dapat memberikan sumbangsih dalam pengembangan industri kendaraan elektrifikasi termasuk di dalamnya industri rantai pasok, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar domestik serta berpotensi untuk merambah pasar ekspor karena tren global saat ini adalah menuju kendaraan rendah emisi,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Toyota Aktif Mengkampanyekan Mobil Listrik

Toyota C-HR Hybrid (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota Indonesia melalui keikutsertaannya dalam IEMS menegaskan komitmen perusahaan untuk turut berperan aktif dalam popularisasi serta pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

President Director Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, mengatakan Toyota menyambut baik upaya pemerintah Indonesia dalam akselerasi penerapan teknologi maju.

“Memasuki tahun ke-10 dari teknologi elektrifikasi Toyota yang dipasarkan di Indonesia, kami sangat excited bahwa Pemerintah Indonesia mempunyai perhatian serius pada kendaraan elektrifikasi guna menjaga lingkungan yang lebih baik di masa depan,” ujar Nakata.

Sebagai informasi, Toyota telah memperkenalkan Prius model HEV di pasar Indonesia pada 2009. Selain Prius, juga tersedia ragam pilihan kendaraan berteknologi listrik jenis hybrid yang sudah dipasarkan seperti Camry, Alphard serta C-HR yang baru saja diluncurkan pada awal 2019.

Dibutuhkan Kesiapan Pasar

Toyota Prius PHEV akan segera dijual di Indonesia. (Foto: Carmudi/Dimas)

Menurut Nakata, selain menyiapkan produk dan teknologi, maka dibutuhkan juga kesiapan pasar demi tercapainya roadmap Pemerintah di tahun 2025 dengan optimal. Salah satu upaya untuk mendukung kesiapan pasar adalah dengan memberikan banyak informasi kepada masyarakat agar tingkat pengetahuan yang baik terhadap kendaraan bermotor listrik, serta penyiapan infrastruktur pendukung dan jaringan layanan, sehingga hal itu dapat mengurangi kekhawatiran publik.

Sebelumnya, Toyota Indonesia turut serta dalam riset kendaraan listrik bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Ristekdikti, serta enam Universitas di Indonesia. Toyota menyediakan alat bantu riset berupa 18 unit mobil (6 Prius HEV, 6 Prius PHEV, and 6 Corolla mesin bakar internal), data logger, fasilitas charging, dan asistensi teknik.

Baca juga:

Moeldoko Sebut 4 Keuntungan Menggunakan Kendaraan Listrik

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Previous post
Buka Cabang Baru di Cibinong, Bengkel Mobil CARfix Kasih Diskon Menarik
Next post
Mobil Listrik Terlaris di Dunia Masuk Indonesia Tahun Depan

1 Comment

  1. […] post Sambut Perpres Percepatan Kendaraan Listrik, Toyota Pamer 4 Teknologi Ini appeared first on Carmudi […]