Home » Berita » Toyota Pasang Cermin Cembung di Jalan Raya Sekitar Danau Toba, Untuk Apa?

Toyota Pasang Cermin Cembung di Jalan Raya Sekitar Danau Toba, Untuk Apa?

Toyota Pasang Cermin Cembung di Jalan Raya Sekitar Danau Toba. Foto: Toyota)

Jakarta – Tak melulu soal mobil, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Toyota di Indonesia juga punya tanggung jawab terhadap kehidupan sosial. Tanggung jawab tersebut dibuktikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). CSR Toyota berdiri di atas 4 pilar satu di antaranya adalah bidang keselamatan berkendara.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan berlalu lintas di jalan raya, baru-baru ini Toyota melakukan kegiatan CSR melalui pemasangan cermin cembung di area Danau Toba, Sumatera Utara.

Berdasarkan laporan dari Dinas Perhubungan Daerah Sumatera Utara, sepanjang 2018 angka korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di provinsi tersebut mencapai lebih dari 1.916 orang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan, salah satunya dikarenakan kurangnya infrastruktur penunjang keselamatan berlalu lintas. Misalnya seperti pemasangan cermin cembung di jalan raya. Hal inilah yang mendorong Toyota untuk melakukan aktivitas Safety Feature Campaign di wilayah tersebut.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota sangat peduli akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya. Toyota bersama-sama komunitas pengguna kendaraan Toyota selalu konsisten melaksanakan berbagai program Safety Driving.

“Pemasangan cermin cembung di area Danau Toba, Sumatera Utara ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya,” kata Henry dalam keterangan resminya.

Ada tiga area utama yang dipasangi cermin cembung yakni jalan Siantar –Tarutung karena daerah itu rawan longsor dan berkabut, serta kondisi jalanan yang naik turun. Lalu jalan sepanjang Simpangtele – Panguruan yang jalurnya banyak melalui perbukitan, dan tikungan naik turun. Serta jalan sepanjang Pancur Batu – Berastagi – Sidikala dengan kondisi jalanan melalui perbukitan dengan banyak kabut yang dapat mengganggu jarak pandang.

Pemasangan cermin cembung dilakukan secara simbolis pada Kamis (10/10/2019) bertempat di Jalan Siborong Borong Parapat, Sumatera Utara. Seremonial dihadiri perwakilan TAM, Pemerintah Daerah, Dinas Perhubungan Daerah, serta komunitas pemilik kendaraan Kijang Innova, Avanza, dan Yaris.

Sebagian Hasil Penjualan Toyota Avanza dan Veloz untuk Membantu Pengembangan Daerah Wisata

TAM memperkenalkan program CSR bernama “Avanza Tourism Support Program”. Lewat program ini sebagian profit penjualan Toyota Avanza dan Veloz disisihkan untuk membantu pengembangan beberapa daerah tujuan wisata di Indonesia.

Pada awal tahun ini, New Avanza diluncurkan dengan tagline “A Part of Indonesia Greatness”. Ini menandakan bahwa Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis tetapi juga bertekad untuk tumbuh bersama bangsa Indonesia melalui CSR.

Toyota Pasang Cermin Cembung di Jalan Raya Sekitar Danau Toba. (Foto: Toyota)

“Sejalan dengan pilar CSR Toyota Indonesia, melalui program Avanza Tourism Support ini kami ingin ambil bagian dalam meringankan masalah lingkungan dan masyarakat. Khusus di daerah Danau Toba, kami fokus pada Safety Features Campaign dengan adanya pemasangan cermin cembung guna menurunkan angka kecelakaan di jalan raya,” papar Darmawan Widjaja, Direktur TAM.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Harga Alphard Hybrid Hilang di Website Resmi Toyota, Pertanda Apa?

Previous post
Keren! Porsche dan Boeing Kolaborasi Bikin Mobil Terbang
Next post
Siap-Siap, Generasi Terbaru Honda City Mengaspal Bulan Depan