Home » Berita » Toyota Pastikan Stok Mobil Baru Aman dan Bisa Dipakai Mudik

Toyota Pastikan Stok Mobil Baru Aman dan Bisa Dipakai Mudik

Booth Toyota (Foto: TAM)

Jakarta – Gelaran IIMS 2019 diprediksi dimanfaatkan oleh pengunjung untuk membeli mobil baru yang akan digunakan sebagai transportasi mudik lebaran. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota memastikan beberapa model yang dipesan di pameran sudah bisa digunakan untuk mudik lebaran.

“Siap atau enggak kami pastikan siap. Karena seperti yang telah disampaikan sebelumnya Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai pemasok terbesar untuk Toyota Avanza dan Toyota Rush sudah berkomitmen untuk menambah produksinya. Jadi pemesanan yang sudah ada atau yang nanti akan terkumpul selama IIMS 2019 kami akan penuhi termasuk Rush. Pihak ADM sudah ada komitmen untuk memprodusi 7.000 unit setiap bulannya supaya bisa memasok ke kami,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, di Jakarta.

Namun semua itu lanjut pria yang akrab di sapa Soerjo tergantung dari kesiapan surat-surat kendaraan. Mobil bisa saja sampai di tangan konsumen jauh hari sebelum lebaran tiba, tapi soal urusan dokumen kendaraan kembali lagi ke pihak kepolisian.

“Biasanya kalau kita mau membuat dokumen seperti STNK dan lainnya, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) ada jam kerjanya dan logistik pun kami juga ikut aturannya. Biasanya menjelang lebaran angkutan logistik seperti truk dilarang beroperasi. Nah itu biasanya kita sudah informasi ke konsumen terdahulu,” terang Soerjo.

Pada saat melakukan pemesanan kendaraan, pihak Toyota juga akan terlebih dahulu melakukan konfirmasi kepada konsumen terkait pengiriman unit untuk memastikan apakah mobil baru nantinya dapat dipakai untuk mudik atau tidak.

“Saat konsumen ingin menandatangani surat pemesanan kendaraan, di situlah konsumen akan konfirmasi akan menerima sebelum lebaran atau sesudah pasti di hitung waktu pengirimannya secara tepat dengan menghitung berapa lama pengiriman dan berapa lama proses dokumennya,” tutur Soerjo.

Pencapaian Toyota di IIMS 2019

Pada IIMS tahun ini Toyota tidak meuncurkan mobil baru. Sebab jauh hari sebelum pameran, pabrikan mobil yang bermarkas di Jepang itu sudah lebih dahulu merilis model baru yaitu Toyota C-HR Hybrid. Meski begitu selama enam hari IIMS 2019, tidak sedikit pengunjung IIMS 2019 yang melakukan pemesanan mobil Toyota. Namun soal angka pemesanan Toyota belum bisa mengeluarkannya.

“Ada peningkatanlah dibanding IIMS tahun lalu. Jadi kalau dilihat memang secara presentase ada peningkatan sekira 50 persen dibanding tahun lalu. Secara transaksi positif ya. Jumlah belum tahu tapi ada peningkatan. Tahun lalu itu dari awal sampai tutup IIMS total pemesanan sekira 3 ribuan unit,” ujar Rouli Sijabat, selaku Public Relation Manager PT TAM pada kesempatan yang sama.

Mengenai model yang paling banyak dipesan selama pameran berlangsung, dirinya juga belum bisa membeberkannya. Saat ini yang baru bisa dibocorkan hanya berdasarkan segmen kendaraan saja.

“Kalau dilihat segmennya itu MPV paling banyak dipesan sekira 55 persen lebih. Calya, Avanza smapai Alphard. Kemudian di ikuti dengan SUV sekira 20 persen, dan sisanya terbagi di sedan dan hatchback. Pelaksanaan IIMS ini kan dekat dengan momen mudik lebaran bisa jadi para konsumen yang membeli mobil memmang untuk kebutuhan mudik,” pungkas Rouli.

Previous post
Jangan Asal Pilih, Ini Karpet yang Cocok untuk Interior Mobil
Honda Mandalatama Jepara
Next post
Honda Mandalatama Jepara Resmi Berdiri, Diler Pertama Honda di Jepara

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *