Home » Berita » Toyota Pernah Janji Bawa Mobil Listrik ke Indonesia, Corolla Cross Hybrid?

Toyota Pernah Janji Bawa Mobil Listrik ke Indonesia, Corolla Cross Hybrid?

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota tahun ini akan membawa beberapa mobil baru untuk dipasarkan di Indonesia. Satu yang pernah dibocorkan yaitu mobil listrik berbasis baterai (elektrifikasi). Namun kala itu pihaknya menolak untuk menyebutkan nama dari mobil baru tersebut.

Sehubungan dengan kehadiran Toyota Corolla Cross di Thailand pada 9 Juli 2020, maka timbul kecurigaan bahwa mobil listrik yang dimaksud adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Penasaran, Carmudi coba menanyakan hal tersebut ke Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT TAM. Alhasil jawaban yang Carmudi dapat cukup membuat rasa penasaran hilang. Bahkan dirinya secara terang-terangan menyebut akan mendatangkan model tersebut tahun ini.

“Betul TAM akan meluncurkan Corolla Cross dan ada yang hybrid-nya juga,” kata Anton, melalui pesan singkat, Jumat (10/7/2020).

Namun dirinya enggan untuk menjelaskan secara detail terkait jadwal pasti peluncurannya. Termasuk juga soal posisi Corolla Cross apakah di atas atau di bawah Toyota C-HR.

“Sabar ya, nanti detilnya akan kami kabarkan,” jawabnya singkat.

Toyota Corolla Cross Punya Mesin Bensin dan Hybrid

Toyota Corolla Cross segaja di hadirkan untuk menambah lini produk mereka di jajaran Sport Utility Vehicle (SUV). Apalagi akhir-akhir ini permintaan SUV tengah melesat di banyak negara.

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Di pasar Thailand, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pilihan pertama mesin bensin tipe 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter empat silinder. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 138 hp pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi Super CVT-i.

Pilihan kedua ada versi hybrid bermesin tipe 2ZR-FXE 1.8 litre yang dikawinkan dengan transimsi e-CVT sehingga menghasilkan tenaga 98 hp pada 5.200 rpm dan 142 Nm pada 3.600 rpm. Mesin dipasangkan dengan baterai untuk menggerakkan motor listrik dengan tenaga 71 hp dan torsi 163 Nm. Jika keduanya bekerja secara bersamaan maka total tenaga yang dihasilkan mencapai 120 hp.

Toyota Corolla Cross punya empat varian meliputi Corolla Cross 1.8 Sport yang dijual dengan harga 989.000 baht atau sekira Rp458 juta, Corolla Cross Hybrid Smart 1.019.000 baht atau Rp472 jutaan, Corolla Cross Hybrid Premium 1.089.000 baht (Rp504 jutaan) dan varian paling tinggi yaitu Corolla Cross Hybrid Premium Safety dibanderol 1.199.000 atau setara Rp555 jutaan.

Warna yang ditawarkan mulai dari Metal Stream Metallic, Red Mica Metallic, Attitude Black Mica, Celestite Gray Metallic, Platinum White Pearl, Nebula Blue dan Graphite Metallic.

Mobil ini dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), memungkinkan Corolla Cross memiliki kinerja berkualitas, perjalanan menjadi nyaman, dan ketenangan.

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Bicara soal fitur keselamatan, pesaing terdekat Honda HR-V satu ini sudah dilengkapi dengan 7 airbags, bersama Toyota Safety Sense yang terdiri dari Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Blind Spot Monitor, around-view monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Previous post
Simak Biaya Perawatan Honda Brio Sebelum Membelinya
Next post
Tantang Yamaha X-Max, Kymco Luncurkan Motor Matik Besar X-Town 250i