Berita

Toyota Prius Generasi Kelima Siap Meluncur Tahun Depan

Eropa – Toyota dikabarkan sedang mempersiapkan Toyota Prius generasi kelima dengan desain baru yang jauh lebih elegan dan futuristis.

Andrea Carlucci, Director of Marketing and Product Development Toyota Motor Europe mengatakan bahwa generasi terbaru Toyota Prius dihadirkan karena ini salah satu mobil penting, khususnya di Eropa.

“Prius ini akan tetap menjadi pelopor kendaraan elektrifikasi, dan jelas bagi Toyota jika Prius ini adalah ikon penting. Mobil ini memulai perjalanan kami sejak 25 tahun yang lalu,” ujarnya seperti dikutip dari Autocar.

toyota prius generasi kelima

Toyota siapkan Prius generasi kelima

Toyota Prius generasi kelima nantinya juga akan memakai platform baru khusus untuk pasar Eropa yang disebut E3 (emotion, engagement, dan energy).

Tak hanya itu, platform yang akan digunakan tersebut merupakan gabungan TNGA-C dan e-TNGA. Peluncuran yang disebut dilakukan tahun depan diprediksi akan bersamaan dengan Toyota C-HR generasi kedua.

“Wilayah Eropa merupakan wilayah yang memiliki percepatan, sehingga kami menghadirkan solusi yang berbeda. Prius akan tetap menjadi ikon dan mewakili siapa kami dalam kendaraan hybrid dan elektrifikasi,” sambung Carlucci.

Ia juga mengatakan jika Toyota akan mempertahankan powertrains full-hybrid pada Prius. “Kami tidak ingin menyia-nyiakan ikon kami, bahkan untuk masa depannya,” pungkasnya.

toyota prius generasi kelima

Toyota Prius (Foto : Carmudi Indonesia/CW)

Toyota Prius sendiri pertama kali dijual pada tahun 1997 di Jepang dan menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi massal di dunia. Hingga pada tahun 2000 Toyota secara resmi memperkenalkan Prius di seluruh dunia.

Sejak peluncurannya hingga tahun 2012 silam, Toyota mengaku jika penjualan Prius di seluruh dunia mencapai 3,3 juta unit. Artinya, mobil yang termasuk mengusung desain Kammback ini menjadi salah satu mobil hybrid yang cukup populer di berbagai belahan dunia.

Generasi pertamanya hadir dengan kode XW10 pada 1997, lalu XW20 pada 2003. Sedangkan generasi ketiga dengan kode XW30 hadir pada 2010 silam, dan generasi keempatnya dengan kode XW50 dirilis pada tahun 2015.

Di Indonesia Toyota Prius PHEV dijual dengan harga Rp884 juta on the road saat peluncurannya tahun 2020 lalu.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts