Home » Berita » Toyota Punya Banyak Mobil Baru Tahun Ini, Peluncurannya Tergantung Kondisi Pandemi

Toyota Punya Banyak Mobil Baru Tahun Ini, Peluncurannya Tergantung Kondisi Pandemi

Booth Toyota di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Pertama kalinya PT Toyota Astra Motor (TAM)  meluncurkan produk baru secara virtual pada awal Maret 2020. Produk tersebut adalah Toyota Agya baru. Peluncuran lewat jalur online terpaksa dilakukan, karena mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak membuat kegiatan yang mengundang banyak orang. Ini dalam rangka memperkecil penyebaran virus corona (covid-19).

Sebenarnya selain Agya terbaru, Toyota masih punya banyak mobil baru lagi yang akan diluncurkan tahun ini. Namun belum dapat dipastikan apakah  mobil baru yang telah dipersiapkan itu meluncur tahun ini atau malah ditunda hingga tahun depan. Semua itu tergantung dari kondisi pademi corona dan perekonomian di Tanah Air.

“Banyak sekali mobil baru, saya enggak bisa jelaskan apa dan kapan waktu peluncurannya. Tetapi tunggu saja tanggal mainnya. Ada banyak produk baru dan perubahan baru yang akan terjadi, tapi pastinya kami harus lihat kondisi market kemudian persiapan peluncuran dan lain-lain. Jadi karena kami belum putuskan kami belum bisa sampaikan mobil baru apa saja,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy melalui live Instagram @pressroom_toyota, Selasa (5/5/2020).

Menurut Anton, jika seandainya terjadi penundaan peluncuran mobil baru hal itu adalah hal wajar. Apalagi di tengah covid-19 seperti sekarang ini. Sepengetahuannya penundaan peluncuran mobil baru terpaksa dilakukan oleh banyak APM. Mungkin tidak hanya di dalam negeri saja tapi juga di negara-negara lain.

“Ini adalah tindakan normal, saya rasa tidak cuma di Indonesia saja tapi di hampir seluruh negara. Karena corona kami juga merubah cara berkomunikasi dengan rekan-rekan Toyota di negara lain. Seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kami harus berpikir ulang mengenai cara kami berkomunikasi dan berbisnis. Termasuk meluncurkan mobil baru,” terang Anton.

Toyota Prius PHV dipamerkan di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

“Kedepan pastinya ada mobil baru, karena ini merupakan bagian dari strategi. Nah strategi itu harus pula kami sesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini. Apa yang tengah terjadi pada saat ini, baik kondisi ekonomi maupun kondisi covid ya. Jadi pastinya semua itu akan menjadi pertimbangan kami,” jelas dia.

Diperkirakan Ada 3 Sampai 4 Mobil Baru Toyota

Belum lama ini Interactive Communication Department Head PT TAM, Dimas Aska sempat memberikan sedikit bocoran terkait jumlah mobil baru Toyota yang segera diluncurkan. Tanpa menyebut nama dan jenis kendaraan dirinya hanya memberikan gambaran. Setidaknya ada tiga sampai empat mobil baru Toyota telah disiapkan tahun ini.

“Rencananya sih ada tiga sampai empat mobil baru. Tetapi belum tahu apakah semuanya akan diluncurkan sesuai jadwal atau tidak,” katanya awal April lalu.

Dari semua produk baru tersebut, sebagian di antaranya hanya akan mengalami penyegaran kecil, ada juga mobil yang benar-benar baru.

“Ada yang sekadar facelift, ada juga yang minor change, lengkap, lah. Ada yang rencananya juga untuk create pasar baru. Tetapi ya karena pasarnya sekarang ini agak terganggu dan kami belum tahu kondisi ke depannya seperti apa, ya balik lagi lihat pasar tahun ini,” pungkas Dimas.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Nissan Terra dan Livina Diberdayakan untuk Bantu Gugus Tugas Covid-19
Next post
Daftar Harga BBM Terbaru Bulan Mei 2020