Berita Mobil Sumber informasi

Toyota Resmi Buka Pemesanan untuk C-HR

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – UMW Toyota Motor (UMWT) selaku Agen Pemegang Merek mobil Toyota di Malaysia baru-baru ini dilaporkan telah mempersilahkan para diler resmi untuk membuka keran pemesanan C-HR. Ini dibuktikan dari munculnya gambar C-HR di akun Facebook resmi milik Toyota Malaysia.

Selain gambar terdapat caption yang intinya bertuliskan bahwa pemesanan C-HR sudah dibuka, untuk pemesanan bisa langsung dilakukan di diler. Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) pertama kali diperkenalkan di Malaysia pada Mei 2017.

Nantinya Toyota C-HR yang akan diterima konsumen merupakan hasil impor dari Thailand dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU). Walaupun sudah dapat dipesan, tapi Toyota Malaysia belum membeberkan harga resminya. Sebagaimana dilansir dari Paultan, Toyota C-HR diprediksi bakal dijual dengan harga 145,500 ringgit atau sekira Rp489 juta.

Jika Toyota Malaysia sudah memberanikan diri untuk membuka pemesanan, itu artinya model yang bersaing dengan HR-V dan Mazda CX-3 itu tidak lama lagi akan resmi dilucurkan.

Sementara itu di Indonesia sendiri PT Toyota Astra Motor APM mobil Toyota sudah memperkenalkan C-HR pada Agustus 2017. Meski sudah dipastikan bakal meluncur tahun ini, namun pihaknya belum berani untuk membuka keran pemesanan.

“Ditunggu saja, pasti diinformasikan kalau sudah dijual,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM kepada Carmudi, Jumat (12/1/2018).

Indonesia Masih Belum Ditentukan

Toyota Jepang membangun C-HR dengan beragam fitur dan mesin yang berbeda-beda. Belum diketahui pasti TAM akan menawarkan berapa varian untuk pasar Indonesia.

“Masih kita studi karena kita itu lagi lihat segmen konsumennya. Seperti ada pernyataan turbo enggak semua konsumen appreciate dengan mesin turbo. Berarti ada konsumen yang lebih pilih mesin lebih besar lagi seperti contohnya 1,8 liter,” terang pria yang akrab disapa Soerjo saat acara Toyota Year End Journalist Gathering 2017.

Menurut Soerjo ,  pihaknya sedang mempertimbangkan antara membawa C-HR dengan mesin 1.8 atau 1.2 liter turbo.

Seperti diketahui Toyota C-HR memiliki beberapa pilihan mesin seperti 8NR-FTS 1,2 liter turbo.  Di klaim mampu mengeluarkan tenaga 115 ps pada rentang 5.200 ke 5.600 rpm dan torsi puncak 185 nm antara 1.500 dan 4.000 rpm.

Selain itu Toyota juga menyediakan versi hybrid dengan mesin 1,8 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 122 ps. Toyota C-HR dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Panjang mobil mencapai 4.350 milimeter, lebar 1.795 mm, tinggi 1.550 mm dan jarak sumbu roda 2.640 mm.

Spesifikasi C-HR Malaysia

Sudah dapat dipastikan Toyota C-HR yang akan dipasarkan ke Malaysia menggunakan mesin 2ZR-FE berkapasitas 1,8 liter naturally-aspirated dengan Dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 137 PS pada 6.400 rpm dan torsi puncak 170 Nm pada 4.000 rpm.

Hasil kinerja mesin dikirim ke roda depan melalui transmisi otomatis jenis continuously variable transmission (CVT) atau manual tujuh percepatan.

Selain itu Toyota C-HR juga datang dengan lampu utama halogen proyektor, lampu senja dan belakang sudah LED, lampu kabut dan velg berukuran 17 inci. Dilengkapi juga dengan dual-zone climate control, jok dilapisi bahan kulit, dan head unit layar sentuh berukuran 4,2 inci dengan fitur bluetooth, USB dan HDMI.

Layar tersebut tidak hanya sebagai sumber hiburan di kabin, bisa juga berfungsi sebagai layar pantau kamera belakang. Tidak ketingggalan, Toyota juga menyematkan enam speaker yang diklaim mampu memanjakan telinga pengemudi maupun penumpang.

Fitur keamanannya lumayan banyak seperti tujuh airbag, ABS dengan EBD dan brake assist, Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), pengait untuk jok anak di kursi belakang atau Isofix, Blind Spot Monitor dan Rear Cross Alert Lalu Lintas (RCTA).

Sedangkan untuk warna, Toyota Malaysia menyediakan beberapa pilihan, meliputi Metal Stream Metallic dan Attitude Black Mica. Ada juga kombinasi warna body seperti White Pearl CS, atau Blue Metallic dan Red Mica, keduanya akan dipermanis dengan sentuhan warna hitam pada bagian atap. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts