Berita

Toyota Sedang Siapkan Mesin GD Hybrid, Diduga untuk Fortuner

Jakarta – Beberapa bulan belakangan muncul rumor bahwa Toyota Fortuner hybrid akan hadir untuk melengkapi jajaran kendaraan elektrifikasi Toyota khususnya di Asia Tenggara. Mungkin rumor tersebut bisa jadi benar, sebab saat ini Toyota diketahui sedang mengerjakan mesin baru untuk disandingkan dengan teknologi hybrid.

Menurut informasi orang dalam Toyota yang ditemui oleh media otomotif lokal asal Filipina, Autoindustriya menyebutkan bahwa memang saat ini Toyota sedang mengembangkan mesin diesel hybrid.

Toyota Fortuner hybrid

Toyota Fortuner hybrid meluncur 2022 (Foto: TAM)

Adapun tipe mesin tersebut adalah GD Hybrid dengan kode proyek 188D.

Masih dari sumber yang sama, kemungkinan besar mesin GD Hybrid akan disematkan ke Toyota Fortuner. Untuk tanggal peluncurannya diperkirakan pada kuartal pertama 2022.

GD merupakan tipe mesin yang digunakan Toyota untuk disematkan ke beberapa model, seperti Hilux, Fortuner, dan Innova. Bahkan beberapa kendaraan komersial Toyota yakni Hiace dan Hiace Super Grandia juga menggunakan tipe mesin yang sama.

Pengembangan mesin GD Hybrid bisa dikatakan kabar yang sangat luar biasa. Mengingat saat ini Toyota hanya memiliki mesin bensin berteknologi hybrid yang dipasangkan ke beberapa model seperti Prius.

Sejauh ini Toyota belum ada mengeluarkan mesin diesel hybrid.

Toyota Fortuner Hybrid

Toyota Fortuner (Foto: TAM)

Informasi terkait mesin GD Hybrid untuk Toyota Fortuner, ada kolerasinya dengan pernyataan Yoshiki Konishi, selaku Chief Engineer Toyota Motor Corporation pada Januari 2021.

Kala itu, Yoshiki Konishi tengah diwawancarai oleh Autocar India. Dirinya sempat membeberkan bahwa All New Fortuner akan diluncurkan pada 2022.

Dijelaskannya, All New Toyota Fortuner akan mengalami banyak perubahan ketimbang generasi sebelumnya, termasuk ada varian baru yang sudah dibekali teknologi hybrid.

Toyota Indonesia Rahasiakan Mobil Hybrid Produksi Lokal

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat ini sedang menyiapkan fasilitas pabrik untuk dapat memproduksi mobil hybrid. Rencananya TMMIN akan memulai produksi mobil hybrid pada 2022.

Diskon PPnBM Mobil 2.500 Cc

Pabrik Perakitan Mobil Toyota (Foto: TMMIN)

Model mobil hybrid yang akan diproduksi lokal di pabrik TMMIN, di Karawang Jawa Barat masih dirahasiakan.

Saat ini pihaknya tengah mempertimbangkan apakah mobil hybrid yang diproduksi nanti benar-benar model baru atau model yang sebelumnya sudah beredar di masyarakat.

“Kalau kami mempertimbangkan pasar otomotif yang sudah ada, lebih baik kami meng-hybrid-kan mobil yang ada. Sehingga kami bisa menjaga supply chain-nya tetap jalan. Dan teknologi baru bisa kami adopsi,” ungkap Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Desember 2020.

Berdasarkan rumor yang berkembang belakangan ini, diduga mobil tersebut adalah Toyota Fortuner hybrid dan Kijang Innova hybrid.

Baca Juga:

 

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *